Dukung Program Strategis Nasional Program Food Estate Komodinas di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau

Kontribusi dari DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 16 Oktober 2020 20:53, Dibaca 124 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka mendukung Program Strategis Nasional berkaitan dengan Program Food Estate komodinas Tanaman Pangan seperti Padi di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau, Singkong di Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah, dan sebagai tindak lanjut Rapat Terbatas secara Virtual Antara Menteri Perhubungan RI dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada Hari Senin (12/10/2020) yang lalu dan persiapan Kunjungan Kerja Bapak Menteri Perhubungan RI ke Provinsi Kalimantan Tengah terkait Food Estate yang berada di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang direncanakan pada Hari Selasa (20/10/2020). Dalam rapat lanjutan yang dilaksanakan pada Hari Kamis-Jumat tanggal 15-16 Oktober 2020, bertempat di Kementerian Perhubungan Jl. Merdeka Barat yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kepmenhub RI Drs. Budi Setyadi, S.H.,M.Si dihadiri oleh Plt. Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah Yulindra Dedy, S.STP., M.Si, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah Buang Turasno, ATD, MT dan beberapa pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan disimpulkan bahwa Kementerian Perhubungan RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan membantu Proses kelancaran pendistribusian baik pupuk, bibit maupun barang lainnya maupun yang pada akhirnya hasil pertanian berupa padi dan singkong dan barang lainnya baik dari dan ke lokasi food Estate melalui Pelabuhan.


Untuk itu Kementerian Perhubungan akan membangun beberapa Dermaga antara lain Dermaga Mantangai, Dermaga Penyeberangan Sungai Selat dan Murung Keramat, Dermaga Penyeberangan Sungai Mintin dan Teluk Sampit, Dermaga Penyeberangan Sungai Kapar, Dermaga Penyeberangan Lupak Dalam dan Dermaga Terusan Karya. Selanjutnya pada tanggal 16 Oktober 2020, dilanjutkan dengan Rakorpim Kemenhub RI yg dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan RI dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Udara dan Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng dan Kepala BPTD Wilayah XVI Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Kebakaran Lahan di Jalan Nagasari XX, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya)

Setelah mendengarkan paparan dari masing-masing Dirjen dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, selanjutnya dalam arahannya Menteri Perhubungan menegaskan dukungan dari sektor perhubungan untuk mendukung PSN food estate di Kalteng. Program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 s.d 2022 harus betul-betul dicek dengan baik agar dapat terintegrasi dengan simpul-simpul produksi pertanian, baik dari lokasi pengembangan singkong di Kabupaten Gunung Mas dan Produksi pertanian di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.


Untuk diketahui, direncanakan pada hari Selasa (20/10/2020) mendatang, Menteri perhubungan akan datang ke Kalimantan tengah di Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Utara untuk meresmikan Bandara HM Sidik. Usai kunjungan tersebut, akan dilanjutkan dengan Rapat untuk membahas dukungan kemenhub RI dalam upaya percepatan pembangunan kawasan food estate di kalteng bersama Plt Gubernur Kalimantan Tengah bersama forkopimda Kalteng. (Muthia Siringoringo / Foto: Muthia Siringoringo) 

DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook