Gubernur H. Sugianto Sabran Lakukan Penyerahan Bantuan Sosial Pemprov. Kalteng Untuk Mahasiswa Program D3/D4/S1/PTN/PTS dan Siswa SMA/SMK

Kontribusi dari Widia Natalia, 18 September 2020 10:02, Dibaca 2,121 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan Penyerahan Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan, Dana Kuliah Terdampak Covid-19 bagi Mahasiswa Program Studi D3, D4 dan S1, Penyerahan Fasilitas Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh bagi SMA/SMK dan Bantuan Alat Mobilitas Sekolah Menuju Kalimantan Berkah. Acara berlangsung di Aula Jayang Tingang Lt. III Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (18/09/2020).

Bantuan tersebut merupakan program yang telah diluncurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng  untuk menjawab tantangan yang mengakibatkan adanya penurunan tingkat pendapatan masyarakat sehingga berdampak pada pendidikan khususnya kemampuan orang tua untuk membiayai biaya sekolah maupun perkuliahan anaknya. Bantuan Pemprov. Kalteng diserahkan langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

(Baca Juga : Ratusan Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis Pemprov Kalteng)

Bantuan yang diberikan, masing masing Bantuan Dana kuliah Terdampak Bencana Non Alam Covid-19 pada Tahap I diberikan kepada 10.741 orang Mahasiswa se-Kalteng Program D3/D4/S1 dengan Total Anggaran Rp. 10.741.000.000,-. Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan Kalteng Berkah diberikan kepada 4.643 orang Mahasiswa se-Kalteng Program D3/D4/S1/PTN/PTS dengan Total Anggaran Rp. 9.286.000.000,-.

Bantuan Laptop dalam mendukung fasilitas pembelajaran jarak jauh bagi SMA/SMK untuk Tahun 2020 berjumlah 3.544 unit, masing-masing untuk SMA berjumlah 2.336 unit untuk 240 Sekolah dan SMK berjumlah 1.208 unit untuk 137 Sekolah. Terakhir, Penyerahan Bantuan Sarana mobilitas sekolah berupa Perahu Tempel (Kelotok) untuk mendukung sarana transportasi angkutan siswa menuju sekolah yang tinggi di pinggiran sungai sebanyak 10 buah.

Sekolah penerima bantuan Kelotok diantaranya SMAN 5 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, SMAN 2 Timpah Kabupaten Kapuas, SMKN 1 Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas, SMKN 4 Pangkalan Bun Kabupaten Korawaringin Barat, SMKN 1 Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat, SMAN 9 Palangka Raya Kota Palangka Raya, SMKN 6 Palangka Raya Kota Palangka Raya, SMAN 3 Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau, SMAN 4 Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau dan SMAN 5 Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau.


Dalam sambutannya, H. Sugianto Sabran  menyampaikan tujuan pemberian bantuan pendidikan, fasilitas pembelajaran jarak jauh dan pemberian bantuan kelotok ini diharapkan dapat memberikan motivasi pada penerima bantuan supaya lebih giat dalam menggapai cita-cita dan menjadi kebanggaan bagi keluarga dan masyarakat Kalteng umumnya.

“Saya sangat menaruh harap kepada kita semua sekalian untuk terus berupaya meningkatkan mutu dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di Kalteng BERKAH (Bertmartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis) ucap H. Sugianto Sabran.

Acara diakhiri dengan dialog Gubernur Kalteng dengan pimpinan institusi Perguruan Tinggi. Turut hadir Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, serta perwakilan penerima bantuan dan para tamu undangan lainnya.(WDY/Foto:Doni)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook