Barsel Resmi Terima Bantuan RMU Dari Gubernur Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 Januari 2020 17:24, Dibaca 637 kali.


MMCKalteng – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran meresmikan penggilingan padi di Desa Lembeng, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kamis (23/1/2020).


Bantuan alat mesin pertanian (pasca panen) berupa alat perontok padi sebanyak 1 unit diberikan guna mendukung proses pengolahan gabah menjadi beras dengan kualitas terbaik.

(Baca Juga : Fasilitasi Penguatan Pengarustamaan Gender (PUG) di Provinsi Kalimantan Tengah)



Tercatat Tahun 2019, kebutuhan konsumsi beras berdasarkan proyeksi jumlah penduduk sebesar 13.411 Ton (-6.303 Ton) sehingga bantuan berupa Rice Milling Unit (RMU) Modern sangat pantas diberikan guna menunjang kebutuhan konsumsi beras.


RMU Modern diberikan dari bantuan yang bersumber pada APBD Provinsi TA. 2019. Alat RMU modern ini mampu menghasilkan beras premium dengan kapasitas produksi 1,5 – 3 Ton Per Jam.


Untuk Tahun 2020, Kab. Barsel terdapat pengembangan Budidaya Padi Organik seluas 250 Ha.


Sugianto Sabran, dalam rangkaian Kunjungan Kerja ke Barsel mengatakan Pemprov Kalteng akan terus membantu pembangunan terutama Infrastruktur jalan serta menunjang alat pertanian guna membentuk pangan.


Di kesempatan yang sama, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri, atas nama Pemerintah Daerah Kab. Barsel dan juga masyarakat Tani menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalteng yang telah memberikan bantuan berupa 1 unit RMU modern kepada para petani di Barsel.

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook