Wujudkan SDM Kalteng Berkualitas, Pemprov. Kalteng Luncurkan Program Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan Terdampak Covid-19

Kontribusi dari Rikah Mustika, 18 September 2020 09:51, Dibaca 720 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan bahwa pandemi covid-19 yang melanda dunia, khususnya Kalimantan Tengah, berdampak pada semua sektor kehidupan, tak terkecuali bidang pendidikan. Hal itu ia sampaikan pada acara penyerahan bantuan sosial fungsi pendidikan, dana kuliah terdampak covid-19 bagi mahasiswa program studi D3, D4, serta S1 dan penyerahan bantuan alat mobilitas sekolah dan fasilitas pendukung pembelajaran jarak jauh bagi SMA/SMK se-Provinsi Kalteng.

“Dengan diterapkannya social distancing yang merupakan salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19, maka berpengaruh pada proses pembelajaran yang mana di saat situasi normal, biasanya dilaksanakan secara tatap muka. Di era new normal seperti sekarang ini pembelajaran harus dilakukan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan melalui media online,” ucapnya.

(Baca Juga : Gubernur Kalimantan Tengah Terima Penghargaan Nasional)

Melihat kondisi penyebaran covid-19 di Indonesia, sambungnya, sangat berdampak pada lapangan kerja dan dunia usaha yang mengakibatkan penurunan tingkat pendapatan masyarakat, sehingga menjadi kesulitan para orang tua dalam membiayai perkuliahan anaknya. Untuk itu, Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng meluncurkan beberapa program, yaitu:

1. Bantuan sosial fungsi pendidikan Kalteng BERKAH bagi mahasiswa program S1 untuk tahun 2020 sebanyak 4.643 orang dengan dana Rp. 9.643.000.000,- (Sembilan miliyar enam ratus empat puluh tiga juta rupiah);

2. Bantuan dana kuliah bagi mahasiswa terdampak covid-19 untuk jenjang pendidikan D3, D4 dan S1 pada tahap 1 sebanyak 10.741 orang dengan dana Rp. 10.741.000.000,- (Sepuluh miliyar tujuh ratus empat puluh satu juta rupiah);

3. Bantuan laptop dalam mendukung fasilitas pembelajaran jarak jauh bagi SMA/SMK untuk tahun ini yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah dan siswa sebanyak 859 laptop dan 25 server;

4. Serta bantuan sarana mobilitas sekolah berupa kelotok untuk mendukung sarana transportasi angkutan siswa menuju sekolah yang tinggal di pinggiran sungai sebanyak 10 buah.

Orang Nomor Satu di Kalteng ini berharap bantuan tersebut dapat memberikan motivasi pada penerima bantuan agar lebih giat dalam menggapai cita-cita dan menjadi kebanggaan bagi keluarga dan masyarakat Kalteng umumnya.  Gubernur juga menaruh harapan besar kepada masyarakat Kalteng untuk terus berupaya meningkatkan mutu dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di Kalimantan Tengah BERKAH.

Penyerahan bantuan sosial tersebut berlangsung di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (18/9/2020). Turut hadir Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, serta perwakilan penerima bantuan dan para tamu undangan lainnya. (Rkh / Foto:Doni)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook