Wakil Gubernur Kalteng Hadiri Puncak acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 26 April 2021 15:18, Dibaca 1,280 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya menghadiri Puncak acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV. Kegiatan ini diikuti Wakil Gubernur Kalteng secara virtual melalui video conference dari Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (26/4/2021).

Diketahui, rangkaian Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 telah diselenggarakan sejak tanggal 1 April s/d 30 April 2021. Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 mengusung Tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Masyakarat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju”

(Baca Juga : Sahli Gubernur Suhaemi: Provinsi Kalteng Duduki Peringkat 38 dari 101 Kontingen pada PORNAS KORPRI XVI 2023)

Acara peringatan dipimpin langsung Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) K.H. Ma ruf Amin. Ma ruf Amin mengawali sambutannya, memberikan Apresiasi kepada Menteri Dalam Negeri, Kepala Daerah, Perangkat Daerah, Penyelenggara Pilkada dan masyarakat atas kontribusi dalam keberhasilan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 lalu, dimana 270 Daerah dengan Tingkat partisipasi 76,09 persen, dengan keseluruhan Pilkada berjalan dengan aman, lancar, tertib dan terkendali meskipun dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Keberhasilan tersebut menjadi satu bukti bahwa melalui kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat, maka roda Pemerintahan tetap berjalan dan produktif.


K.H. Ma ruf Amin menilai Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini, merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika, tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang. Penyelengaraan otonomi Daerah merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kemandirian Daerah guna mendekatkan layanan pada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam arahannya menyampaikan harapan agar peringatan otonomi Daerah ini tidak hanya dianggap hanya sebagai seremonial, tapi yang perlu dipahami secara bersama-sama, peringatan ini untuk kepentingan Bangsa kedepan.

“Kita ketahui, Indonesia adalah salah satu Negara Bangsa. Suatu Negara Bangsa memiliki tujuan untuk pencapaian. Negara diciptakan untuk menciptakan masyarakat yang makmur dan menciptakan rasa keadilan”, tutur Muhammad Tito Karnavian.

Muhammad Tito Karnavian mengatakan, dengan adanya globalisasi, setiap Negara harus bisa menjadi Negara yang kuat. Pembentukan Negara bukan hanya mengarah kepada kesejahteraan, kemakmuran, keadilan, tapi dalam konteks kompetisi Internasional perlu menjadi Negara yang kuat dan berpengaruh.

Hadir mendampingi Wakil Gubernur Kalteng diantaranya Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi dan Wakajati Prov. Kalteng Marang. (WDY/Foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook