Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik, Tim Medis Lapas Palangka Raya Giat Laksanakan Yankesling

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 14 Agustus 2020 15:18, Dibaca 172 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Tim Medis Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya, yang dipimpin oleh dr. Marianna, selalu siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui Pelayanan Kesehatan Keliling (Yankesling), Jumat (14/8/2020). Kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal 14 ayat 1 yang menetapkan hak-hak narapidana, diantaranya adalah hak mendapatkan perawatan, pelayanan kesehatan dan makanan yang layak.

Yankesling ini mempunyai kegiatan utama yang bersifat preventif (pencegahan) dan promotif (penyuluhan), pengecekan dan penggerakan kebersihan kamar atau blok hunian WBP yang sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan ini juga diharapkan untuk dapat menjangkau dan menemukan WBP sakit yang disembunyikan atau tidak mau berobat ke Poliklinik Lapas Palangka Raya serta monitoring evaluasi pasien penyakit menular (TB-HIV) dan pasien gangguan jiwa.

(Baca Juga : Antisipasi Klaster Baru Covid-19, Lapas Kasongan Disemprot Disinfektan)


Kegiatan dalam pelayanan kesehatan yang dilakukan antara lain:


  1. Mengecek kondisi atau keadaan umum WBP yang sakit : suhu, tekanan darah, pernafasan, ada atau tidak ada keluhan yang dirasakan saat itu.
  2. Memberikan pengobatan sesuai dengan yang dikeluhkan dan hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan dokter atau perawat.
  3. Memberikan saran atau konseling kepada WBP yang sakit agar kesehatannya pulih kembali atau meningkat.

Dokter Lapas Palangka Raya, Marianna, menjelaskan bahwa kegiatan pelayanan pengobatan rutin dilaksanakan di Poliklinik Lapas Palangka Raya. Tidak hanya WBP, Tim Medis Palangka Raya juga memberikan layanan kesehatan bagi Pegawai Lapas Palangka Raya.

"Kami memberikan layanan kesehatan bagi WBP selama 24 jam dan sudah ada jadwal petugas piketnya setiap hari. Untuk para Pegawai bisa mengecek kesehatannya selama jam kerja, saat ini juga bisa mengecek gula darah dan asam urat," jelas Marianna.

Selain itu, Tim Medis Lapas Palangka Raya juga membagikan vitamin yang merupakan bantuan dari Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah. Vitamin ini dibagikan kepada seluruh pegawai dan WBP Lapas Palangka Raya. (Red-dok, Humas Kalteng, Agustus 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook