Minimalisir Kegagalan Produksi, Diskan Kobar Pantau Pembibitan Ikan Patin di BBI Pinang Merah

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 27 Juli 2020 08:54, Dibaca 31 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat Secara umum peningkatan produksi perikanan air tawar, penyediaan benih ikan yang cukup merupakan salah satu faktor yang menentukan bagi keberhasilan bidang perikanan budidaya. Balai Benih Ikan (BBI) adalah sarana pemerintah untuk menghasilkan benih ikan dan untuk membina usaha pembenihan ikan rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Secara umum BBI adalah unit pelaksana teknis bertugas melaksanakan penerapan teknik perbenihan dan distribusi benih, perbanyakan dan distribusi induk (parent stock), penerapan teknik pelestarian sumber daya ikan dan lingkungannya, teknik pengendalian hama dan penyakit, serta pengendalian mutu benih melalui pelaksanaan sertifikasi sistem mutu benih ikan. BBI Pinang Merah merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis pada yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). BBI Pinang Merah mempunyai tugas untuk untuk melaksanakan kegiatan teknis yang secara langsung berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat dan/atau melaksanakan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan tugas Diskan Kobar.

(Baca Juga : Sepakati KUA-PPAS dan Peminjaman Daerah)

Kepala Diskan Kobar melalui Bidang Pengelolaan pembudidayaan Ikan memantau kegiatan pembibitan ikan patin pada Senin (27/7/2020) di BBI Pinang Merah. Kegiatan ini rutin dilakukan guna meminimalisir kegagalan produksi pembibitan ikan dan jika dalam proses pembibitan terdapat penyakit pada ikan dapat langsung ditanggulangi. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan bibit ikan pada BBI Pinang Merah.

“Bibit – bibit ikan yang diproduksi oleh Balai Benih Pinang merah ini berkualitas baik karena dihasilkan dari indukan yang bersertifikasi,” kata Kepala Seksi Perbenihan dan Produksi Budidaya Ikan, Nani Nurhidayati.

“Selain itu, harga bibit ikan lebih murah dibandingkan tempat penjualan bibit lain karena tujuannya adalah menumbuhkembangkan pembudidaya ikan di Kabupaten Kotawaringin Barat,” tambahnya.

BBI Pinang Merah dikelola oleh Diskan Kobar dan menyediakan bibit-bibit ikan kualitas baik seperti bibit ikan nila, patin dan lele. Pembudidaya ikan dapat langsung membeli bibit ikan dan berkonsultasi pada BBI Pinang Merah. (nita&razak/diskan kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook