Bagikan Paket Sembako, Gubernur Kalteng Kunjungi Langsung Korban Banjir di Kab. Lamandau

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Juli 2020 17:26, Dibaca 61 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyerahkan bantuan sebanyak 300 paket sembako, yang terdiri dari Susu Kaleng, Gula, Beras, dan lainnya untuk korban banjir di Kabupaten Lamandau. Penyerahan dilakukan secara simbolis di area waduk PT. Sawit Sumbermas Sarana, tbk, Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Bantuan diserahkan oleh Gubernur secara langsung kepada Bupati Lamandau Hendra Lesmana, Rabu (22/07/2020). Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Sosial juga telah mendirikan dapur umum di Kabupaten Lamandau untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Ikuti Rakor Lanjutan Pembahasan Percetakan Lahan Sawah Baru Di Kalimantan)

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga memberikan bantuan terhadap sejumlah Daerah di Kalteng yang terkena musibah banjir yang bersumber dari dana pribadinya. Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap dampak dari musibah banjir di Kabupaten Lamandau bisa segera diatasi, agar masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasa.

Sementara itu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan perhari ini banjir di Kabupaten Lamandau sudah mengalami surut. Hendra Lesmana menuturkan sekitar 4.000 KK yang berada di 33 Desa dan 8 Kecamatan yang terdampak banjir, kini telah kembali kerumah masing-masing.

“Untuk Lamandau, banjir perhari ini sudah surut, sebelumnya ada 33 Desa yang terdampak dan 8 Kecamatan, yakni hampir 4.000 KK telah kembali kerumah masing-masing. Kemudian status tanggap darurat sudah kita cabut, tinggal kita recovery atau lakukan pemulihan untuk kebutuhan sembako dan bantuan-bantuan seperti yang kita saksikan tadi, Gubernur menyalurkan bantuan untuk kita sampaikan ke masyarakat kita”, ucap Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

Lebih lanjut Hendra Lesmana mengatakan terkait langkah-langkah penanganan setelah banjir yakni akan dilakukan pemetaan infrastruktur serta akan dilakukan perbaikan.

“Pasca banjir akan dilakukan pemetaan infrastruktur karena sebagian jalan tergenang banjir, tentu kondisinya juga ada kerusakan. Kita melibatkan dunia usaha, untuk bersama-sama bisa diperbaiki. Secara umum untuk konektivitas Desa dan Kecamatan tetap bisa terhubung, karena hampir setengah bulan banjir tentu ada korosi atau kerusakan ditiap jalan tersebut”, imbuhnya.

Bupati Lamandau juga menuturkan pada saat banjir, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah telah membuat dapur umum untuk masyarakat terdampak banjir dan pasca banjir akan segera menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak.

“ Pada saat kejadian, Pemerintah telah membuat dapur umum dan lainnya. Dan setelah balik kerumah, bantuan berupa sembako dari Pemerintah akan disalurkan dan juga dari Provinsi yang disalurkan oleh Gubernur akan kita sampaikan”, tutup Hendra Lesmana.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook