Bukit Raya, salah satu Seven Summit of Indonesia

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 18 Januari 2018 14:28, Dibaca 1,399 kali.


MMCKalteng- Saat ini, mendaki gunung menjadi aktivitas yang ramai dilakukan, pasalnya kegiatan outdor ini banyak digandrungi berbagai kalangan, dari yang tua sampai muda, atapun dari kalangan profesional dan pemula yang baru mencoba sensasi mendaki gunung.

Indonesia sendiri punya Seven Summit of Indonesia yang patut dikunjungi, salah satunya adalah Bukit Raya, yang berada di perbatasan Kalteng-Kalbar.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Tinjau Lahan Pengembangan Food Estate dan Saluran Irigasi di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kapuas)

Bukit dengan ketinggian 2.278 MDPL ini masuk dalam pengawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya yang merupakan kawasan konservasi di jantung kalimantan dengan puncak tertingginya puncak kakam.

Rute pendakian bisa ditempuh melalui jalur desa Tumbang Habangoi, Kabupaten Katingan, sekitar 6-7 jam dari Kota Palangka Raya. Pendakian menuju puncak termasuk sulit, selain biaya perjalanan yang cukup besar, pendaki juga harus menyewa guide, karena medan pendakian termasuk berat dan memakan waktu kurang lebih satu minggu pulang pergi.

Selain persiapan fisik yang memadai, keberangkatan juga harus melalui ritual adat dayak, karena masyarakat setempat masih memegang teguh kepercayaan dan adat istiadat, hal ini dimaksudkan menghindarkan para pendaki dari bahaya selama perjalanan. (EAP/Foto: Net)

 

 

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook