Temu Karya Taman Budaya Se Indonesia

Kontribusi dari Iin Carolina, 13 September 2018 10:15, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Perhelatan temu karya taman budaya (TKTB) se Indonesia ke 17 Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional yang digelar di Kota Palangka Raya berlangsung meriah. Pelaksanaan kegiatan dijadwalkan dari tanggal 12 s.d. 16 September 2018, dan kegiatan diawali dengan kegiatan pawai budaya dan diikuti kurang lebih 700 peserta dari 27 Provinsi se Indonesia, start pawai dimulai dari Bundaran Besar Palangka Raya (12/09/2018)

Dalam event pawai budaya ini terlihat setiap utusan/rombongan dan tim kesenian dari Provinsi se Indonesia menampilkan busana khas daerah masing-masing dan di dukung dengan mobil hias yang menampilkan ciri khas Provinsinya sehingga menambah pawai semakin meriah.

(Baca Juga : Wabup Lakukan Kunker di Lingkungan Pemkab Kapuas)

Pawai Budaya dilepas oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri yang mewakili Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran yang berhalangan hadir. Pawai ini turut dihadiri oleh pihak Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Unsur OPD dan Forkopimda Lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng dan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Rute pawai dimulai dari Bundaran Besar dan sepanjang jalan iring iringan pesetap pawai mendapat perhatian dari masyarakat Kota Palangka Raya, terlebih setiap peserta pawai mempertontonkan kekayaan seni budaya seperti busana yang dikenakan, tarian dan seni musik daerah masing-masing sehingga memukau antusias masyarakat yang menyaksikan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan mengungkapkan " Kegiatan pawai budaya merupakan rangkaian awal perhelatan event nasional tersebut. Rabu malamnya, pelaksanaan kegiatan dibuka sekaligus pembukaan pameran seni rupa se Indonesia,"papar Guntur Talajan disela kegiatan pawai.

Seluruh kegiatan dari Event mengambil tempat dikawasan Taman Budaya Kalteng (Komplek Pameran) jalan Temanggung Tilung Palangka Raya dan sepanjang kegiatan nantinya perwakilan Provinsi berkesempatan untuk memperkenalkan seni dan budaya dari daerah masing-masing dan dipertontonkan melalui pentas seni yang ada di Taman Budaya Kalteng.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook