Warga Keluhkan Jaringan Listrik dan Telekomunikasi

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 06 September 2018 07:44, Dibaca 12 kali.


PALANGKA RAYA-Berbagai aspirasi dan usulan diserap dalam reses perkelompok, di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing belum lama ini. Seperti dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas yang diikuti oleh Anggota DPRD Kalteng dari wilayah tersebut.

Salah satunya adalah Duwel Rawing bersama jajarannya, yang berkunjung ke wilayah Kabupaten Katingan. Rute yang pihaknya datangi seperti Kecamatan Tumbang Sanamang, Tumbang Hiran, Petak Malai, Katingan Hulu, Bukit Raya, Tumbang Kajamei, hingga Tumbang Baraoi.

(Baca Juga : Komisi A Kunjungi Disdukcapil dan Kecamatan di Kapuas)

“Salah satu yang menjadi perhatian ada di Tumbang Kajamei dan Tumbang Baraoi, dimana untuk menuju kesana mesti menggunakan transportasi air,” ujarnya kepada Tabengan, ketika ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Sejumlah usulan masyarakat yang paling vital disana, seperti persoalan listrik dan jaringan telekomunikasi.

Apalagi letak Tumbang Kajamei dan Tumbang Baraoi sendiri, merupakan wilayah paling ujung dari Kabupaten Katingan, dengan akses yang masih cukup sulit. Pihaknya sendiri mengakui cukup kesulitan, ketika menghubungi para aparatur kecamatan di sana mengingat tidak adanya sinyal telekomunikasi.

Dari informasi di lapangan, untuk bisa mendapatkan sinyal atau melakukan komunikasi melalui telepon seluler masyarakat mesti mencari bukit atau kawasan yang agak tinggi.

Terkait itu warga setempat sangat berharap, didirikannya jaringan telekomunikasi yang menghasilkan sinyal.

“Padahal masyarakat disana sudah mempersiapkan lahan, untuk lokasi Base Transceiver Station (BTS) jaringan seluler, namun tampaknya pihak provider belum mau membangun di wilayah itu,” ucap anggota Komisi C tersebut.

Menyangkut itu dirinya menyarankan agar ada kerja sama antara pihak provider dan pemerintah setempat misalnya saja dengan konsep pemerintah daerah yang mendirikan tower untuk jaringan, lalu dioperasionalkan oleh salah satu provider tersebut.

Hal itu pernah pihaknya lakukan ketika dirinya semasa menjabat sebagai Bupati Katingan, yang melakukan kerja sama dengan PLN untuk pembangunan jaringan listrik.

Konsep itu kini sudah berjalan dengan baik, dan masyarakat setempat sudah bisa menikmati penerangan. ”Kalau tidak menggunakan online, jelas akan terlambat ketika hanya menggunakan manual,” ujar legislator dari Fraksi PDIP itu.

Bisa dikatakan, ucapnya, Tumbang Kajamei dan Tumbang Baraoi termasuk wilayah yang terisolir dari segi informasi.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook