PERTAHANKAN WTP, KANWIL KEMENKUMHAM KALTENG LAKSANAKAN REKONSILIASI LAPORAN KEUANGAN DAN LAPORAN BMN SEMESTER I TAHUN 2018

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 09 Juli 2018 16:36, Dibaca 680 kali.


MMCKalteng -  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Yoseph, membuka secara resmi kegiatan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan Laporan Barang Milik Negara (BMN) Tingkat Wilayah  Semester  I dan Tahunan Tahun 2018 di Palangka Raya. Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan bahwa dalam Rekonsiliasi ini merupakan bagian dari mekanisme fasilitasi penyusunan dalam penyampaian laporan keuangan Kementerian/Lembaga.

Sebelumnya, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor dalam laporannya mengatakan Kegiatan  Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan Laporan Barang Milik Negara (BMN) Tingkat Wilayah  Semester  I dan Tahunan Tahun 2018 ini berlangsung selama 3 (tiga) hari ini sejak tanggal 9 sampai dengan 11 Juli 2018. Bertempat di Hotel Nascar Palangka Raya, Rekonsiliasi ini diikuti 46 (empat puluh enam) orang peserta dari operator SAKPA dan Simak BMN dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Hasil Karya WBP Lapas Muara Teweh Meriahkan Stand Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi & UMKM Barito Utara Dalam Acara PORPROV Mini Fest 2018)

Rekonsiliasi juga sebagai wahana untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Hukum dan HAM oleh BPK RI. Dengan rekonsiliasi selain bisa menjadi fungsi kontrol pada tingkat pelaksanaan pembangunan dan pengelola anggaran juga dapat mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi didalam sebuah organisasi, sehingga akhirnya bisa menghasilkan Laporan Keuangan yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

Oleh karena itu melalui kegiatan ini Kakanwil berharap kepada seluruh operator yang ditunjuk dan ditugaskan untuk mengikuti kegiatan rekonsiliasi ini dengan serius, tanyakan kepada pembimbing apakah terdapat kekeliruan dan terjadinya selisih sehingga akan meminimalisir kesalahan. Terasa rugi sekali apabila kita tidak memanfaatkan waktu untuk berkonsultasi karena BPKP, KPKNL dan Tim Pendampingan dari Pusat sudah siap membantu dan mendampingi dalam hal pembuatan Laporan Keuangan dan BMN sehingga tujuan akhir dengan meraih kembali WTP bisa tercapai ucap Yoseph.

Dikatakannya bahwa kegiatan rekonsiliasi ini dilaksanakan dengan menggandeng BPKP dan KPKNL serta Tim Pendamping dari Pusat yakni Biro Keuangan dan Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI serta dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Dengan harapan adanya suatu kecocokan neraca keuangan, kesesuaian berita acara, pembuatan catatan, pengisian blanko terkait laporan serta reviu seluruh laporan satuan kerja sehingga tercipta sebuah laporan keuangan semester I tahun 2018 yang baik, transfaran dan akuntabel.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah Herman Hermawan dalam sambutannya yang diwakili Koordinator Pengawasan Bidang IPP/Pengendali Mutu R. Mauro Nugroho P mengatakan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah merupakan instansi yang selalu aktif dan mengadakan kegiatan rekonsiliasi. Hal ini merupakan komitmen positif sebagai salah satu pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan dan aset negara.

Menurutnya, dengan adanya Rekonsiliasi ini diharapkan Laporan Keuangan dan laporan BMN Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah bisa lebih baik dengan itu pula Opini WTP bisa dipertahankan dengan sendirinya. Melalui Rekonsiliasi ini pula pihaknya akan selalu memberikan pendampingan terhadap pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan BMN, ucap Mauro. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Juli.2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook