Pengumuman Pemenang Lomba Karya Tulis Sejarah Tahun 2018

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 02 Juli 2018 18:04, Dibaca 6 kali.


Palangka Raya (02/07) – Pada Senin pagi pukul 10.00 WIB (14/12/2017), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah mengumumkan 8 urutan nilai tertinggi sebagai pemenang Lomba Karya Tulis Sejarah Tingkat Pelajar SLTA/Sederajat se-Kalimantan Tengah Tahun 2018. Penetapan pemenang tersebut berdasarkan pada rapat penilaian hasil karya tulis pada hari Jumat (22/07/2018) oleh panitia kegiatan lomba karya tulis beserta tim juri penilai. Tim juri penilai merupakan para ahli dalam bidang sejarah Kalimantan Tengah yaitu Prof. Drs. Kumpiady Widen, M.A., Ph.D sebagai Ketua, Drs. Kiwok Dihit Rampai, dan Drs. Abdul Fattah Nahan sebagai Anggota.

Dengan mengangkat pilihan topik yaitu Sejarah Kalimantan Tengah, Tokoh Kalimantan Tengah, dan Sejarah Kebudayaan Kalimantan Tengah, lomba Karya Tulis Sejarah ini diikuti oleh 29 peserta dari kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Penyelenggaraan lomba berlaku sejak awal bulan April sampai dengan akhir Mei 2018. Kriteria penulisan yang dinilai meliputi ketepatan dan kesesuaian tema, subtema, judul, kesahihan sumber data, bahasa Indonesia yang digunakan dengan standar Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), ketaatan dalam menggunakan format tulisan yang sudah ditentukan, kelengkapan berkas, dan keaslian karya.

(Baca Juga : Untuk Keenam Kalinya, Pemkab Kobar Kembali Pertahankan Predikat WTP atas LHP LKPD Tahun 2019)

Dalam acara ini Tim Juri juga memberikan masukan dan evaluasi bagi para peserta lomba terkait dengan adanya beberapa kesalahan penulisan yang perlu diperhatikan seperti yang dikemukakan oleh Prof. Drs. Kumpiady Widen, M.A., Ph.D bahwa penulis harus memperhatikan bagian pengantar, latar belakang, daftar pustaka, dan pemilihan diksi dalam karyanya. Evaluasi ditambahkan pula oleh Drs. Kiwok Dihit Rampai bahwa ada pengetikan yang kurang teliti, kurangnya data pendukung, tidak adanya lembar pengesahan dari Kepala Sekolah, dan ketidakruntunan uraian. Masalah keaslian karya tulis dan tindakan salin tempel dalam penulisan juga menjadi sorotan para tim juri penilai.

Setelah evaluasi, panitia kemudian mengumumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Sejarah Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018 yaitu Juara I Vica  Putriyani  Veronica, pelajar SMA  1  Pematang  Karau, Kabupaten Barito Timur, Juara II Sima Malini, pelajar SMA  2  Balai  Riam, Kabupaten Sukamara, Juara III Nolla Ressa Putrianty, pelajar SMA  1  Kahayan  Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Harapan I Yohanesy  Agrees  Melsa, pelajar SMA  President, Kabupaten Murung Raya, Harapan II Fadil Firjatullah, pelajar SMK Negeri  2  Palangka  Raya, Kota Palangka Raya, dan Harapan III Rizky Ananto, pelajar SMA  Muhammadiyah  1 Palangka  Raya, Kota Palangka Raya.

Penyerahan piagam dan hadiah uang tunai bagi pemenang lomba dilakukan oleh masing-masing Juri Penilai dan Kepala Bidang Sejarah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah kepada para pemenang.

 (Anne/Foto: Anne)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook