Tiba Di Barsel, Kakanwil Kemenkumham Kalteng Tinjau Rutan Kelas II B Buntok dan Beri Arahan Pegawai

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 19 Mei 2018 12:08, Dibaca 1,136 kali.


Buntok –Rumah Tahanan Negara (Rutan ) Kelas II B Buntok menerima kunjungan Yoseph, Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Jum’at (18/05). Tiba di Rutan Buntok, Kakanwil  disambut langsung oleh Kepala Rutan Mastur di ruang kerjanya. Dalam keterangannya, Kakanwil mengatakan bahwa kedatangannya ke Rutan Buntok tidak lain untuk meninjau lokasi serta keadaan unit pelaksana teknis (UPT) di Jajaran Kantor Wilayah. Menurutnya sudah sementinya seorang pimpinan mengetahui keadaan UPT di jajarannya sehingga bisa dicarikan solusi terbaik terhadap permasalahan yang dihadapi oleh UPT yang bersangkutan sehingga kedepan bisa melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu juga dirinya akan memberikan arahan kepada seluruh pegawai Rutan Buntok terkait tugas dan fungsi dalam menyikapi isu strategis yang dialami dunia Pemasyarakatan akhir-akhir ini.

Sementara itu Mastur, Kepala Rutan Kelas II B Buntok mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kakanwil. Menurutnya ini sebuah kehormatan yang jarang sekali didapatkan, oleh karena itu Karutan langsung mengajak Kakanwil untuk melihat-lihat lingkungan Rutan dan mengunjungi blok-blok yang ada, sarana dan prasarana serta wadah pembinaan yang dimiliki.

(Baca Juga : Komitmen Berantas Pungli, Lapas Muara Teweh Luncurkan Layanan Self Service SDP WBP)

Pada kunjungan pertamanya ke Rutan Buntok, Kakanwil langsung meninjau keberadaan blok napi dan tahanan. Pada peninjauan tersebut Kakanwil berkesempatan berdialog dengan beberapa napi yang kala itu sedang asik menikmati istirahat didalam kamar blok. Dalam perbincangan yang dirangkum Humas Kantor Wilayah, Kakanwil menanyakan tentang pelayanan serta pembinaan yang diberikan Rutan Buntok kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) terutama dengan ketersediaan air dan suplai makanan serta pelayanan narapidana seperti pelayanan PB,CB CMB dan Assimilasi. Beberapa WBP menjawab bahwa fasilitas air cukup, makanan yang diberikan baik serta pelayanan narapidana sudah sesuai dengan yang ada di SOP.

Pesan Kakanwil kepada seluruh WBP  dimasing-masing blok bahwa dari kejadian ini ambil hikmahnya dan jadikan sebuah pelajaran yang berharga. Jalani hukuman dengan sabar dan ikhlas serta tingkatkan ibadah dan berdoa. apabila nanti bebas jangan cari jalan pintas, bulatkan tekad jangan  sampai kembali masuk ke Rutan. Jaga lingkungan Rutan agar selalu dalam keadaan aman, kondusif  dan terkendali.

Selanjutnya bertempat di Aula Rutan, Kakanwil memberikan arahan kepada seluruh pegawai terkait tugas dan fungsi dalam menyikapi isu strategis yang dialami dunia Pemasyarakatan akhir-akhir ini. Dalam arahannya, Kakanwil mengharapkan agar seluruh jajaran Pemasyarakatan harus bersatu, lebih maju, bahu membahu serta bergotong royong untuk lebih dapat meningkatkan Keamanan, Kenyamanan, serta Pelayanan kepada Masyarakat khususnya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Hal ini tentulah bukan suatu tugas yang mudah bagi kita bersama, apalagi sekarang kita dituntut untuk bekerja lebih profesional, mengedepankan tata nilai serta berpegang teguh pada kode etik dan standar pelayanan yang ada.

Oleh karena itu Kakanwil berharap, agar setiap masalah yang ada jangan dijadikan sebuah rintangan yang berat. Akan tetapi maknailah sebagai suatu peluang untuk bisa membawa kemajuan bagi organisasi. Disamping itu terkait pemberitaan yang santer dimedia akhir-akhir ini, Yoseph meminta agar pihak Rutan Buntok terus menerus meningkatkan koordinasi kepada pihak keamanan setempat baik kepada pihak Kepolisian maupun TNI. Mintalah kepada mereka untuk melakukan sambang Lapas guna memantau keadaan Lapas setiap harinya agar tetap berada dalam keadaan aman serta kondusif.

Begitu juga halnya kepada seluruh pegawai agar setiap harinya melaksanakan pengisian jurnal harian yang ada di SKP. Hal ini sangatlah penting karena selain nantinya menyangkut penilaian kinerja pada setiap akhir tahun berjalan juga sebagai acuan untuk pembayaran tunjangan remunerasi kepada pegawai yang bersangkutan.

Terakhir, Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada seluruh Jajaran yang ada di Rutan Buntok yang telah menjadikan Rutan Buntok menjadi lebih baik dan berwarna dari sebelumnya. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mei. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook