Apel Gabungan dan Kesiapsiagaan Bencana Nasional Lingkup Pemkab Barut

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 11 Mei 2018 14:21, Dibaca 1,538 kali.


MMCKalteng - Pada Apel Gabungan yang rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP menyatakan bahwa dalam Program Nawacita Pemerintah Kerja Butir ke lima mengamatkan yaitu " Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesejahteraan dan Kesehatan ". Provinsi Kalimantan Tengah dengan visinya yaitu Kalteng Berkash (Bermatabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). Ditetapkan pula empat prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Barito Utara tahun 2013-2018 yaitu :
1. Pendidikan 
2. Kesehatan 
3. Infrastruktur Berbasis Lingkungan
4. Ekonomi Kerakyatan
Dalam pelaksaan Progran prioritas tersebut Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui tiga pilar yaitu : 
1. Paradigma Sehat
2. Penguatan Pelayanan Kesehatan 
3. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 
sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan Integral/tidak terpisahkan dari pembangunan Kabupaten Barito Utara, ingin masyarakat Barito Utara hidup sehat, tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat dan memerlukan pelayanan kesehatan dan dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu adil dan terjangkau oleh masyarakat.

H. Jainal Abidin menyampaikan pada Apel Gabungan ini turut juga memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2018 pada tanggal 26 April, berdasarkan kajian resiko bencana yang di susun BNPB tahun 2015 jumlah jiwa yang terpapar resiko bencana kategori sedang s/d tinggi yang tersebar di 34 provinsi mencapai 254.154.398 jiwa. Selama tahun 2017 terdapat 2.372 kejadian bencana, jiwa meninggal dunia/hilang 3,49 juta mengungsi. disamping itu, arah dan gambaran tren bencana global ke depan pun cenderung akan meningkat karena pengaruh beberapa faktor seperti, meningkatnya jumlah penduduk, urbanisasi, degradasi lingkungan, kemiskinan dan pengaruh perubahan iklim global. Oleh karena itu dianggap perlu untuk BPBD melakukan latihan evakuasi bencana yang merupakan upaya dalam memperkuat kapasitas kesiapsiagaan masyarakat. (Nadi Forester/ BARUT - Foto : Diskominfobarut)

(Baca Juga : Dinas Koperasi Akan Latih UMKM Untuk Dapatkan Sertifikasi)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook