Komitmen Kalteng Bebas Kabut Asap 2019

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 12 Juli 2019 13:15, Dibaca 188 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan timbulnya asap karena  wilayah Kalteng yang memiliki karakteristik tanah yang bergambut. Maka dari itu dilakukan kegiatan Pembekalan Kesiapsiagaan Menghadapi Karhutla yang dilaksanakan di Aquarius Boutique Hotel Jalan Imam Bonjol no.5  Palangka Raya, Kamis (11/7/2019).

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang diwakili Asisten III bidang Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy menyampaikan, “Kita tidak ingin karhutla yang berakibat asap yang melanda di beberapa wilayah menjadi agenda rutin, yang selalu dimaklumi di Bumi Tambun Bungai ini”.

(Baca Juga : Pelatihan Pelayanan Prima pada Disdukcapil Kota Palangka Raya)

Potensi polusi asap selalu menjadi sorotan atau perhatian nasional bahkan internasional. Perlu adanya sinergitas 3 pilar Penyelenggara Penanggulangan Bencana, yaitu Pemerintah, Masyarakat dan Dunia usaha mulai dari Pra bencana, saat terjadi bencana, hingga pasca bencana.

Untuk lebih meningkatkan pengendalian bencana melalui kegiatan pencegahan Karhutla diantaranya, pendekatan sosial budaya, himbauan di surat kabar, poster dan spanduk, maklumat larangan tidak membakar hutan dan lahan kepada  masyarakat  dan perusahaan, identifikasi ancaman dan kerentanan untuk menilai resiko bencana, rapat koordinasi seluruh elemen, inventarisasi dan identifikasi sumber daya tersedia yang dapat dimanfaat saat keadaan darurat, menciptakan sistem informasi yang mudah diakses dan dimengerti, serta pelatihan aparat pemerintah dan masyarakat.

Kegiatan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai agenda penting untuk meningkatkan kemampuan identifikasi, penyiapan dan pengeloaan sumberdaya, sekaligus koordinasi semua pemangku kepentingan terkait”. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook