Harga Bahan Pokok Naik Jelang Ramadan

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 09 Mei 2018 15:42, Dibaca 503 kali.


Mmc.kalteng (Mura)- Harga-harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik jelang bulan suci Ramadan. Kenaikan paling signifikan di Kabupaten Murung Raya, terjadi pada harga telur ayam, bawang merah dan putih, beras, ikan,danging sapi dan ayam,serta minyak goreng.

Pantauan di Pasar pelita Raya Puruk Cahu, Rabu(9/5), harga telur ayam naik dari Rp 35 ribu menjadi Rp 50 ribu per rak. Harga bawang merah juga naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu sepanjang sepekan terakhir.

(Baca Juga : Direktur Pelaksana IMF Sampaikan Ekonomi Indonesia Sudah Berjalan dengan Sangat Baik)

Harga bawang putih pun melambung dari Rp 35 ribu menjadi Rp 45 ribu per kg. Kenaikan harga terjadi juga pada minyak goreng kiloan dari Rp 13 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg. Sedangkan, ikan di Pasar pelita Raya terus bergerak naik setiap hari dari harga normal Rp 30 ribu per kg saat ini mencapai Rp 50 ribu per kg.Harga daging sapi juga melambung dari Rp 140 ribu menjadi Rp 160 ribu per kg, Harga daging ayam juga melambung dari Rp 40 ribu menjadi Rp 45 ribu per kg. Harga cabe juga melambung dari Rp 45 ribu menjadi Rp 80 ribu per kg.

Menurut pedagang, persediaan stok bahan pokok masih melimpah, namun harga terus bergerak naik dari biasanya menjelang bulan puasa tiba. Kenaikan juga dipicu adanya masyarakat yang mulai menyetok bahan pokok yang tahan lama untuk persediaan bulan Ramadan.Kenaikan bahan pokok terjadi pada beras sekitar 10 persen. Untuk beras kualitas biasa naik dari Rp 20.000 per kg menjadi Rp 35.000 per kg.

Pemerintah Kabupaten Murung Raya setempat mulai berupaya melakukan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok masyarakat. Alasannya, harga sejumlah komoditas bahan pangan mengalami kenaikan beberapa pekan menjelang datangnya bulan suci Ramadan.

Berdasarkan pantauan di pasar, komoditas yang mengalami kenaikan yakni telur ayam, bawang merah dan putih, beras, ikan,danging sapi dan ayam,serta minyak goreng. (MC_Murung Raya/vin/Tfq/Rfk/No/)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook