Durian Lokal Lintas Daerah Dan Provinsi Asal Murung Raya

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 13 Februari 2019 13:13, Dibaca 481 kali.


MMCKalteng - Lebih dari satu caturwulan, dewasa ini masyarakat Murung Raya, masih mampu menyuplai durian lokal ke berbagai daerah baik antar lintas Kabupaten maupun lintas Provinsi.

Durian lokal merupakan produk unggulan tahunan yang dimiliki oleh berbagai desa seperti Sungai Lunuk, Konut, Karali, Balawan, Mantiat Pari dan Osum Tompok yang merupakan desa sebagai penyuplai utama durian di Kabupaten Murung Raya, yang berada di kecamatan Tanah Siang. Rabu (13/2)

(Baca Juga : Kenalkan Produk Lokal Kalteng di Nusantara Expo 2017)

“Penyuplaian durian disetiap tahun mampu menenbus antar wilayah ke Barito Selatan, Muara Teweh, bahkan ke lintas provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur”. Ungkap seorang pelansir ojek durian antar pedesaan, Udit (36).

Adapun harga durian yang paling besar diecer dipasaran berkisar harga antara 10 sampai dengan 15 ribu rupiah, sedangkan harga lansiran untuk mengisi ke berbagai mobil dari sejumlah daerah berkisar antara 5 sampai dengan 6 ribu rupiah dalam skala banyak.

Namun dalam beberapa minggu ini lansiran durian agak menurun, dulunya perhari mampu mengumpul 4 ribu sampai 6 ribu buah, sekarang hanya bisa 5 ribu buah yang disuplai kebeberapa mobil, ini dikarenakan hanya dua desa saja yang masih mengeluarkan produk durian lokal yang mulai berjatuhan.

Sedangkan untuk desa yang lainnya sudah mulai menurun bahkan habis. Sebagai titik lokasi bungkar muat antara pengojek dan pelansir durian antar lintas wilayah maupun provinsi berada di pasar hilir jembatan Hungan, Simpang empat perkantoran Damkar atau Jl. A. Yani, dan Jl. Saripoi- Puruk Cahu di  kawasan Datah Parang, tegasnya. (DiskominfoSP_MC: Eyrt)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook