Lomba Maneweng, Manetek, Dan Manyila Kayu FBIM Tahun 2018

Kontribusi dari Widianatalia, 03 Mei 2018 13:17, Dibaca 1,249 kali.


MMCKalteng- Lomba Maneweng, Manetek, dan Manyila Kayu merupakan salah satu kegiatan yang dilombakan pada FBIM 2018 di Stadion Olahraga Panunjung Tarung Jalan Maluku, Kuala kapuas , Kamis (3/5) . Cabang lomba tersebut diikuti oleh 9 Kabupaten se-Kalimantan Tengah yaitu Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Kabupaten Sukamara. Tiap-tiap pemerintah (kabupaten/kota se kalimantan tengah) mengirimkan hanya satu regu saja (pria) yang beranggotakan 3 (tiga) orang. Peserta memperagakan salah satu bentuk dari pada  pengusahaan hutan secara tradisional dikalangan masyarakat dayak dengan mengunakan beliung sekaligus memberikan tontonan yang menarik.

Maneweng, manetek dan manyila kayu  memuat  pesan lestari hutan sebagai bagian dari pada upaya menumbuh dan mengembangkan kesadaran akan arti penting kesadaran lestari hutan ditengah-tengah kehidupan manusia. Alat dan perlengkapan (beliung, keba , rambat, pisau ambang batangking) disediakan oleh peserta, sedangkan bahan baku (kayu) disediakan oleh panitia Kegiatan terdiri dari : maneweng (menebang); manetek (memotong) dan menyila (membelah). Kriteria penilaian yaitu dari segi kerapian pakaian, kelengkapan peralatan, kerapian menebang, ketepatan rebah pohon, kerapian memotong, kerapian membelah, kerapian menyusun belahan, dan waktu.

(Baca Juga : Kabupaten Kapuas Selaku Tuan Rumah Meraih Juara Favorit I Lomba Ukir Patung)

Masing-masing peserta memperhatikan unsur keselamatan seperti jarak dengan peserta lain. Maneweng, manetek dan manyila kayu  masing-masing mendapatkan 2 potongan dan masing-masing potongan dibelah menjadi 8 bagian, hasilnya menjadi 16 belahan/bagian, waktu 16 menit termasuk persiapan. Posisi pemotong tidak boleh bolak balik /berubah posisi arah tebangan dengan kertas yang ditetapkan lebih dahulu oleh peserta dan dewan juri. (Widia&Vera/Foto:Asep)

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook