Lomba Manyipet Dalam Rangka Memeriahkan FBIM Tahun 2018

Kontribusi dari Widianatalia, 03 Mei 2018 12:41, Dibaca 913 kali.


MMCKalteng – Dalam rangka memeriahkan HUT Kalteng ke-61Provinsi Kalimantan Tengah diadakan lomba manyipet yang dilaksanakan di Stadion Olahraga  Panunjung tarung Jalan Maluku, Kuala Kapuas , Kamis (3/5). Lomba manyipet diikuti oleh perwakilan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yaitu untuk lomba manyipet regu putra diikuti oleh Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Katingan, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Kuala Kapuas, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, dan Kota Palangka Raya. Sedangkan untuk lomba regu putri berasal dari Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kuala Kapuas, dan Kota Palangka Raya.

Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian upaya melestarikan salah satu bentuk usaha perburuan dengan menggunakan sipet yaitu senjata tradisional suku Dayak yang digunakan juga untuk mempertahakan diri ketika perang pada zaman dulu. Permainan ini diikuti oleh satu regu beranggotakan 3 orang. Alat yang digunakan yaitu : sipet (sumpit) terbuat dari bahan kayu, anak sumpit (damek) terbuat dari bambu dan atau dari bahan kayu.

(Baca Juga : Mangenta Tradisi Leluhur Suku Dayak Yang Patut Dilestarikan)

Teknik menyumpit dari atas agar mencapai sasaran yang paling tepat (sesuai dengan yang diinginkan) tidak melewati garis star yang telah ditentukan/dibuat oleh panitia dengan bentuk  sasaran bidik adalah dalam  berbentuk lingkaran. Kriteria penilaian disesuaikan dengan bentuk sasaran bidik. Sasaran (anak sumpit) yang kena tepat pada garis pembatas antar nilai maka nilai yang diambil adalah nilai tertinggi. (Widia&Vera/Foto:Asep)

 

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook