Anak-anak di Palangka Raya Alami Obesitas

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 27 April 2018 19:20, Dibaca 716 kali.


MMCKalteng - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, setidaknya ada sekitar 7,44 persen anak-anak di Kota Palangka Raya alami obesitas. Data tersebut di dapat dari 1.800 uji sampel yang dilakukan. " Obesitas atau kegemukan pada anak-anak adalah permasalahan serius di Kota Palangka Raya saat ini ," ungkap Ksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Marsudi Damar Jati, Jumat ( 27/04/2018).

Didampingi stafnya Fri Wardana, selanjutnya Marsudi mengungkapkan, bahwa data obesitas sebesar itu di Palangka Raya terjadi pada anak-anak usia dini. Bahkan dari tahun 2015 lalu persentasenya selalu naik, dan terakhir untuk tahun 2017 berada di angka 7,44 persen dari uji sampel yang dilakukan.

(Baca Juga : MTsN 2 Palangka Raya Peringati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1442 H)

Terjadinya obesitas, lebih dikarenakan makanan siap saji , minuman bersoda, dan kandungan kalium begitu besar berpengaruh terhadap metabolisme tubuh anak. Anak yang terkena obesitas, tentu akan rentan terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, kolesterol dan lain sebagainya. " Perlu gizi seimbang, yakni harus mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan kurangi makanan siap saji," ujar Marsudi.

Dalam kasus obesitas lanjut, maka si anak tidak dianjurkan untuk melakukan program diet, namun yang diperhatikan adalah asupan gizi yang baik. Ada beberapa indikator untuk mengetahui anak mengalami obesitas atau tidak, yakni berat badan berdasrkan umur, panjang badan, dan indeks masa tumbuh ( IMT). " Tiga indikator itu penting untuk mengetahui obesitas kedepannya dati tubuh sang anak, jelasnya.

Menurut Marsudi, kebanyakan obesitas yang menimpa anak-anak ini adalah orang tuanya rata-rata sibuk bekerja, karena gizi sang anak tidak mendapat perhatian dengan baik. " Akibatnya makanan yang seadanya, serta tidak memperhatikan sisi gizi, maka anak-anak mencari makanan yang praktis untuk dikonsumsi. Ini harus mendapat perhatian serius untuk orang tua," ungkapnya. ( Martiana Winarsih).

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook