Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Mayarakat (KIM)

Kontribusi dari Rikah Mustika, 26 April 2018 11:23, Dibaca 552 kali.


MMCKalteng – Acara sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah di aula Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (26/4). Direktorat Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Sarjono, selaku narasumber menjelaskan dalam paparannya, KIM sangat penting sebab belum semua wilayah terjangkau sarana informasi komunikasi yang memadai khususnya masyrakat perdesaan.

KIM merupakan kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Kelompok ini beraktifitas pada proses pengumpulan, penseleksian, pertukaran dan atau penyebaran informasi yang sesuai dengan kebutuhan. KIM memiliki beberapa peranan seperti sebagai pengelola informasi, pengembang kualitas SDM masyarakat di bidang informasi, dan juga jembatan informasi antara masyarakat dan pemerintah. Sedangkan fungsi KIM adalah sebagai wahana informasi komunikasi, agen perubahan masyarakat, serta wahana pemberdayaan ekonomi masyarakat.

(Baca Juga : Diskominfo Kalteng Gelar Ramah Tamah Dengan Dirjen IKP)

Aktifitas KIM terdiri dari ADINDA yaitu Akses informasi, Diskusi tentang informasi, Implementasi informasi yang diperoleh, Networking (jaringan kelembagaan), Diseminasi informasi, dan Advokasi aspirasi.

Tujuan dari pola pengembangan dan pemberdayaan KIM adalah untuk meningkatkan pola pembinaan KIM sebagai wahana pembinaan SDM, meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pembinaan KIM secara terpadu dengan instansi terkait, serta meningkatkan peranan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampai informasi dan asprirasi rakyat.

Harapannya KIM bisa bersifat terbuka dan korektif, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan, meningkatkan partisipasi dalam pembangunan nasional, serta menjadi pelopor dalam mewujudkan masyarakat informatif. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook