Disagregasi PMTB Sebagai Kegiatan Prioritas Nasional

Kontribusi dari Rikah Mustika, 09 April 2018 13:19, Dibaca 1,764 kali.


MMCKalteng - Dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) Provinsi Kalteng dalam rangka memacu investasi & infrastruktur untuk pertumbuhan & pemerataan di Palace Ballroom Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Senin (9/4), kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Hanif Yahya menyampaikan dalam paparannya Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018 menekankan pada 10 prioritas nasional yaitu dalam bidang pendidikan, kesehatan, perumahan dan permukiman, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, ketahanan energi, ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, konektivitas dan kemaritiman, pengembangan wilayah, serta politik, hukum, pertahanan dan keamanan. Disagregasi PMTB pada RKP 2018 ada di bagian pengembangan dunia usaha dan pariwisata dengan program prioritas perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja yaitu mempercepat fasilitasi penyelesaian masalah investasi.

Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) merupakan penambahan dan pengurangan aset tetap pada suatu unit produksi. Penambahan aset tetap mencakup pemebelian dari dalam negeri, pembelian dari luar negeri, perbaikan besar, dan pertumbuhan aset yang dibudidayakan. Sedangkan pengurangan aset tetap mencakup penjualan, transfer atau barter barang modal bekas pada pihak lain.

(Baca Juga : Pj. Sekda Kalteng Hadiri Peringatan HUT ke-17 DPD RI)

Kendala terkait data investasi yaitu sektor-sektor penyumbang pertumbuhan ekonomi yang mencakup investasi pemerintah, BUMN, dan swasta dari sisi permintaan dan juga pertanian, industri, pertambangan, konstruksi, perdagangan serta jasa-jasa dari sisi produksi. Tujuan dan manfaat disagregasi PMTB yaitu sebagai data rinci, bahan perencanaan, indikator usia pakai, data populasi, alat evaluasi dan menghitung stok capital. (widia/foto:asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook