Gubernur Kalteng Ikuti Ratas Lanjutan Pembahasan Food Estate Yang Dipimpin Presiden RI

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 September 2020 10:44, Dibaca 1,018 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengikuti Rapat Terbatas melalui video conference yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, bertempat di Gedung Smart Province (GSP) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi (Prov) Kalteng, Rabu (23/09/2020). Agenda Rapat kali ini tentang Lanjutan Pembahasan Food Estate.

Rapat Terbatas diikuti oleh seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait secara virtual, diantaranya Menko Perekonomian, Mentan, Menhan, Menkeu, Menteri ATR dan Menteri PUPR. Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan penyediaan ketahanan pangan Nasional adalah agenda strategis dalam  rangka mengantisipasi kondisi krisis pangan akibat pandemi Covid-19 yang sudah berkali kali dingatkan oleh World Health Organization (WHO) mengenai krisis pangan dunia.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Safari Ramadan ke Masjid Al Ukhuwah Kota Palangka Raya)

"Hal ini juga untuk mengantisipasi perubahan iklim serta mengurangi ketergantungan pada impor pangan", ungkap Joko Widodo 

Lebih lanjut Joko Widodo menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat saat ini telah menyiapkan lahan progran Food Estate sementara ini di dua lokasi diantaranya di Prov. Kalteng tepatnya di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Kabupaten Gunung Mas serta Prov. Sumatera Utara.

“Ini yang kita prioritaskan terlebih dahulu meskipun juga ada rencana akan kita lanjutan setelah ini, dimulai pengkajian di lapangan untuk di Prov. Yang lain yaitu di Papua, NTT, Sumatera Selatan, tetapi ini akan kita diskusikan setelah program Food Estate di Prov. Yang diproritaskan sudah berjalan”, tutur Presiden Joko Widodo.

Presiden juga menghimbau kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait untuk segera menyelesaikan beberapa masalah ataupun kendala yang perlu segera diselesaikan diantaranya berkaitan dengan kepemilikan lahan di area Food Estate dan perumusan rencana induk pelaksanaan  Food Estate.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam kesempatan tersebut memaparkan terkait persentase penduduk yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, perburuan dan perikanan (%). Selain itu, H. Sugianto Sabran juga memaparkan terkait pertumbuhan ekonomi Kalteng sejak tahun 2016-2020 sekarang ini.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menyampaikan menyambut baik Program Food Estate di Prov. Kalteng yang dicanangkan oleh Presiden RI. Diharapkan Program Food Estate di Prov. Kalteng dapat menjadi Pusat Ketahanan Pangan Nasional.

“Melalui Program Food Estate, diharapkan dapat meningkatkan Perekonomian Kalimantan Tengah, meningkatkan kesejahteraan  masyarakat secara umum, dan secara khusus meningkatkan pendapatan petani”, tutup Gubernur.

Gubernur Kalteng didampingi oleh Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.(WDY/Ega)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook