Antisipasi Karhutla, Kodim 1011 Gelar Apel Satgas Huma

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 15 Juli 2020 10:40, Dibaca 27 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Bertempat di wilayah Kodim 1011/KLK digelar Apel Satuan Tugas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Tambun Bungai, Rabu (15/7/2020) pagi. Tampak hadir dalam apel tersebut perwakilan Polres Kapuas, Satpol-PP Damkar, Instansi Kebakaran, Manggala Agni, dan BPBD.

Dandim 1011 Kuala Kapuas, Letkol Inf Ary Bayu Saputro selaku pimpinan Apel mengatakan semoga kerja sama dan sinergritas yang harmonis ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam mencegah dan mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karthutla) yang selama ini kerap terjadi di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Kegiatan Gelar Satuan Tugas Huma dalam mendukung kelancaran program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Tambun Bungai merupakan tindak lanjut UU nomor 34 tahun 2004  tentang tugas TNI dalam mengemban tugas Operasi Militer Selain Perang.

(Baca Juga : Siswa SMP Negeri 1 Kapuas Belajar di Perpustakaan)


Hal tersebut sesuai dengan peraturan Kasad nomor 37 tahun 2018 untuk secara terus menerus melanjutkan peningkatan kualitas Serbuan Teritorial dalam rangka mendukung berbagai kebijakan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah dalam penanggulangan becana alam di seluruh tanah air.

“Berkenaan dengan itu, Kodam XII/Tpr akan selalu memelihara dan meningkatkan kemanunggalan dengan aparat pemerintah dan komponen masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara,” ucapnya.


Adapun yang melatarbelakangi pembentukan Satgas Huma di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah ini adalah seringnya bencana kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan.

“Satgas huma yang kita bentuk, harus memiliki kemampuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini serta mengantisipasinya, pemberian nama Huma merupakan suatu filosofi orang-orang terdahulu dengan kearifan lokalnya dimana membuka hutan untuk berladang dengan tidak membakarnya,” terangnya.

Tidak lupa dirinya juga menghimbau untuk tidak mengesampingkan situasi dan kondisi di masa wabah Covid-19. Serta tetap memperhatikan dan peduli terhadap pencegahan wabah Covid-19.

“Kepada saudara sekalian yang terlibat dalam Satgas Huma ini harus tetap memperhatikan tentang protokol Kesehatan, sehingga kita semua terhindar dari wabah Covid-19,” tuturnya.

Keberadaan Satgas Huma diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatasi bencana alam khususnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. (dedy/hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook