Kadis Kominfo SP Murung Raya Kunjungi Lab Smart City Telkom

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 12 September 2019 15:02, Dibaca 475 kali.


MMCKalteng – Murung Raya - Dalam rangka penguatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kadis Kominfo SP Kabupaten Murung Raya Bimo Santoso bersama staf Bidang E-Gov Yowan Nor Herianda, berkesempatan mengunjungi Lab Living Smart City Telkom di Jl. Gunung Sahari Jakarta, kunjungan ini atas undangan PT. Telkom Indonesia. Rabu (11/09).

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Kadis Kominfo mendapat penjelasan dari manajer Smart City Telkom Harun Triyantoro beserta staf. Dimana dijelaskan bahwa “Membangun kota cerdas tentu membutuhkan prasarana penunjang seperti perangkat tekhnologi dan sistem informasi tekhnologi. Melihat hal itu dalam rangka meimplementasikan digitalisasi proses yang ada di Goverment, PT. Telkom yang dikenal masyarakat dengan telkomunikasi dan tekhnologinya pun menciptakan sebuah solusi Smart City.

(Baca Juga : Tiga Desa Di Pulau Petak Segera Berinternet)


“Trend PT. Telkom kan lebih ke tekhnologinya. Terkait hal itu kita punya solusi khusus yang namnaya Smart City Nusantara, dimana targetnya adalah Government atau Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota”. Ujar Harun memperkenalkan inovasi dari PT Telkom.

Ketika ditanya alasan PT. Telkom membidik Pemda sebagai target. Manajer Smart City mengungkapkan bahwa “Alasan Telkom menjadikan Pemerintahan sebagai target yang dibidik oleh Samrt City Nusantara ini karena Pemerintah memiliki tugas pokok melayani masyarakat. Pelayanan dapat terjadi dengan baik, efektif dan efisien apabila terkelola dengan tekhnologi yang mumpuni”.


Bimo Santoso menjelaskan bahwa “Setiap daerah berkeinginan merubah sistimnya menjadi digital sehingga tata kelolanya menjadi sangat baik, efektif, efisien dan transparan. Layanan masyarakat menjadi cepat, pelaksanaan menjadi akurat, sitemnya accountable. Semoga Pemkab Murung Raya ke depan dapat bekerjasama dengan PT. Telkom untuk mewujudkan Smart City di Murung Raya". Ungkap Bimo mengakhiri perbincangan.

Smart City Nusantara adalah upaya Telkom agar pemerintah daerah dapat mengembangkan dan mengimplementasikan konsep Smart City secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat. Ini membantu masyarakat umum dan para pelaku bisnis atau usaha terhadap pelayanan Pemerintah akan lebih cepat, transparan, sehingga menjadi lebih mudah. Hadirnya Smart City Nusantara oleh PT. Telkom ini selain membantu Indonesia untuk lebih go digital juga memberikan informasi dan edukasi kepada Pemerintah daerah mengenai pentingnya digitalisaasi dalam sistim Kepemerintahan. Sehingga implementasi IT dalam tata kelola Pemerintah semakin terarah dan transparan. (DiskominfoSP_MC: Anr).

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook