Wabup Gumas Berharap Pendapatan Asli Daerah Meningkat

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 26 April 2021 16:21, Dibaca 322 kali.


MMCKalteng - Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing bersama Forkopimda mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXV secara virtual di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati, Senin (26/4/2021). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma ruf Amin dan diikuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kota se-Indonesia.

Wakil Presiden mendorong Pemerintah Daerah untuk mengembangkan basis data yang dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun kebijakan daerah. “Perlu saya sampaikan terkait efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, bahwa pemetaan masalah dan kapasitas Pemerintah Daerah berbasis data sebagai dasar pembuatan kebijakan," kata Wapres Ma ruf Amin saat mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXV secara virtual dari Jakarta.

(Baca Juga : KPU Pulang Pisau Tetapkan Debat Publik Pilkada 19 Juni 2018)

Wapres mengatakan, bencana kesehatan Covid-19 menjadi tamparan bagi Pemda terkait pentingnya basis data dalam upaya penanganan pandemi. "Pandemi Covid-19 menjadi contoh pentingnya ketersediaan dan akses data dalam respon cepat Pemerintah dan Pemda dalam menghadapi krisis," jelasnya.

Proses digitalisasi di berbagai aspek pembangunan menjadi semakin relevan dengan kerangka open government di daerah. Otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah, dengan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam Peringatan Hari otonomi Daerah ke XXV, Wapres juga berpesan agar kepala daerah memiliki kemampuan kepemimpinan yang adaptif, sehingga mampu mengatasi berbagai situasi di daerah.

"Pelaksanaan otonomi daerah yang berkualitas membutuhkan kepemimpinan adaptif, yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru," ujarnya.

Wapres juga meminta kepada seluruh kepala daerah dan jajaran Pemda untuk terus menegakkan protokol kesehatan dan mensukseskan vaksinasi sebagai upaya menghentikan laju penyebaran Covid-19. Sementara, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing mengatakan, dengan adanya Hari Otonomi Daerah ke XXV Pemerintah Daerah semakin inovatif mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan mandiri.

“Saya berharap ke depan Pilkada tidak menelan biaya yang tinggi, dan bisa mengatasi konflik-konflik yang ada sehingga tidak berdampak negatif,” ujarnya.

Lanjut dia, ke depan semua daerah otonomi baru didesain secara terarah, semoga Kabupaten Gunung Mas bisa kreatif, inovatif, PAD meningkat dan bisa mandiri. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook