Gubernur H. Sugianto Sabran Sampaikan Upaya-Upaya Penanganan Yang di Lakukan Pemerintah Prov. Kalteng Untuk Memutus Penyebaran Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 02 Juli 2020 14:47, Dibaca 433 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengikuti acara secara Virtual melalui Video Converence dengan Tema Talabang Talk Kolaborasi Multistakeholder Kalteng Dalam Menanggulangi Covid-19 dan Palangka Raya Dalam PSBB II, bertempat di Aula Jayang Tingang lantai II kantor Gubernur Kalteng, Kamis (02/07/20).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur H. Sugianto Sabran memaparkan terkait upaya penanganan Covid-19 di Kalteng mulai dari melakukan sosialiasasi dan edukasi, penyemprotan disinfektan, Pembagian disinfektan, Pembagian masker pada masyarakat, Pemasangan tandon-tandon cuci tangan pada fasilitas publik, fasilitas sosial dan tempat umum lainnya.

(Baca Juga : Kalteng Dijadikan Ketahanan Pangan Nasional, Mentan Lakukan Peninjauan di Desa Terusan Makmur Kab. Kapuas)

Upaya lainnya yakni melakukan deteksi melalui pemeriksaan Rapid test massal pada beberapa pasar, penelusuran kontak erat, pemeriksaan suhu dan anamnesa pada pos-pos batas.

Selain itu, pembangunan Laboratorium BSL2 di Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya dan RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, pengadaan RT PCR di RSDS Palangka Raya dan RSUD Kota Palangka Raya, perluasan Pelayanan RSDS di Bapelkes kemudian dipindahkan ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalteng (BPSDM), melakukan tindakan Medis seperti penanganan secara intensif pasien terpapar Covid-19 di rumah-rumah sakit dan pengadaan alat kesehatan serta peralatan kesehatan lainnya.

Terakhir, melakukan dukungan kebutuhan Dasar seperti pembagian bantuan sosial kepada masyarakat dan pengendalian ketersediaan bahan-bahan pokok dan bahan penting lainnya serta melakukan Penegakan hukum pada pos batas dan juga Pemantauan serta penegakan hukum terhadap upaya-upaya penimbunan bahan pokok dan bahan penting lainnya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai juga menyampaikan upaya-upaya lainnya terkait strategi percepatan pemutusan penyebaran Covid-19.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Darliansjah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, Direktur RSUD Doris Sylvanus Yayu Indriaty, Plt. Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng ADM. Rian Tangkudung, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng Agus Siswadi.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Mukri, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Kalteng Brigjen Pol M Slamet Urip Widodo, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, Rektor Universitas Palangka Raya Andrie Elia, Rektor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya H Khairil Anwar, Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) I Ketut Subagiasta, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 se-Kalteng serta beberapa organisasi masyarakat dan organisasi Pemuda.(WDY/Foto:Duan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook