Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2020

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 29 Juni 2020 16:18, Dibaca 891 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2020. Kegiatan ini digelar selama empat hari pada tanggal 29 Juni s.d. 2 Juli 2020. Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kalteng yang mengikuti acara ini diantaranya Kepala Kantor Wilayah Ilham Djaya, Kepala Divisi Administrasi M. Ikmal Idrus, Kepala Divisi Pemasyarakatan Hanibal, Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari), Senin (29/6/2020).

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly membuka secara resmi Rapat Koordinasi yang dilaksanakan dalam rangka Evaluasi Pelaksanaan Target Kinerja sesuai dengan perjanjian kinerja, khususnya di semester I tahun 2020. Pada kesempatan kali ini, Rapat Koordinasi ini diselenggarakan secara virtual, dikarenakan efek pandemi Covid-19. Selain Para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator juga mengikuti acara yang dipusatkan di Graha Pengayoman Kemenkumham ini.

(Baca Juga : OJK Merespon Positif Layanan Eazy Passport)

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menyampaikan bahwa di era New Normal ini jajaran Kemenkumham harus terus produktif. Masa New Normal tidak dapat dijadikan alasan untuk berhenti berinovasi dan melakukan percepatan penyelesaian kinerja dan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.


Ada 5 poin penting yang disampaikan oleh Yasona. Pertama, ASN harus mau dan mampu mengikuti pola kerja baru yang seluruhnya menggunakan pemanfaatan teknologi informasi. Kedua, terus melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan evaluasi mulai dari pusat sampai ke daerah, namun harus memberdayakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil). Ketiga, Lakukan kerja sama dengan stakeholders dan berikan pelayanan kepada publik secara cepat dan tepat sasaran, cari terobosan dan inovasi. Keempat, Segerakan membelanjakan anggaran masing-masing secara akuntabel. Kelima, minta segera diwujudkan kebijakan Presiden tentang Satu Data agar disajikan pada dashboard pimpinan yang diatur hak aksesnya. Yasonna H. Laoly juga menyampaikan pesan Presiden RI, Joko Widodo kepada seluruh jajarannya terkait percepatan pengoptimalan APBN.

"Kita harus segera membelanjakan APBN agar uang-uang itu segera beredar masyarakat. Tujuannya tentu untuk pemulihan kondisi ekonomi. Pembelanjaan APBN harus dilakukan secara bertanggungjawab dan dibuat pelaporannya. Kita tidak boleh bekerja biasa-biasa aja di masa seperti saat ini, tidak ada lagi sumbatan-sumbatan yang menghalangi atau menghambat proses pencapaian kinerja organisasi," ucapnya.


Di acara pembukaan Rapat Koordinasi ini juga dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Kememkumham dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait dengan penerapan Sertifikat Elektronik. (Red-dok, Humas Kalteng, Jun 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook