Masa Pandemi Corona, Bupati Kapuas Salurkan BLT

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 12 Juni 2020 21:10, Dibaca 273 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Menyikapi masa pandemi virus corona yang sampai saat ini belum berakhir sehingga membuat perekonomian masyarakat terganggu, Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan sigap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak covid-19 tersebut.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat ditemui beberapa waktu yang lalu menerangkan, dalam rangka meringankan beban masyarakat Kabupaten Kapuas yang terdampak Covid-19, maka Pemerintah Kabupaten Kapuas segera merespon kondisi tersebut dengan telah membentuk Tim Pengelolaan Data Bansos Kabupaten Kapuas yang terdiri dari Dinas Sosial, Disdukcapil, DPMD, BPKAD dan Inspektorat agar dapat mendata masyarakat-masyarakat yang terdampak covid-19.

(Baca Juga : Wabup Membuka Festival Kreatifitas Seni Tari Khas Murung Raya )

Ben mengatakan berdasarkan data yang didapat dari tim tersebut, bantuan yang diberikan bersumber dari Anggaran Bantuan Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang terdiri dari beberapa jenis bantuan sosial, diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST), serta bantuan sembako dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kemudian, dirinya mendorong Kepada Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas untuk segera menyalurkan bantuan sosial tersebut kepada seluruh masyarakat yang terdampak covid-19 dan meminta kepada jajaran Camat, Lurah, Kades dan RT untuk selalu mengevaluasi penyaluran bantuan itu dengan melibatkan TNI dan Polri setempat.

“Saya menegaskan agar dalam penyaluran bantuan ini jangan sampai ada tumpang tindih bantuan di lapangan, yaitu kepada  masyarakat yang memang betul-betul berhak menerimanya,” tukas Ben Brahim.

Sementara itu, Kadis Sosial Budi Kurniawan mengatakan untuk BLT APBD sendiri, disalurkan sebanyak lebih kurang kepada 26.000 KK yang penyalurannya dilakukan secara bertahap setelah terlebih dahulu dilakukan verifikasi dan validasi data.

“Di Kabupaten Kapuas terdapat sebanyak 126.277 KK, berdasarkan prediksi data dari Badan Pusat Statistik terdapat sekitar 76.000 KK yang terdampak covid-19 dilihat dari angka kemiskinan, jumlah pekerja sektor informal, jumlah keluarga Pra Sejahtera, Sejahtera I dan Sejahtera II,” jelas Budi, Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, berdasarkan skema bantuan yang ada, baik dari APBN yang berjumlah sekitar 30.000 KK, serta ditambah dari BLT APBD dan BLT Dana Desa, diharapkan akan dapat mengcover semua KK yang terdampak covid-19 di Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook