BPBD Kobar Tambah Lima Unit Truk Tangki Suplai untuk Penanganan Karhutla

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 10 Juni 2020 09:59, Dibaca 587 kali.


MMCKalteng - Kobar - Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada tahun 2020 menambah armada truk tangki suplai sebanyak lima unit. Dengan penambahan ini, BPBD Kobar saat ini mempunyai 10 unit truk tangki suplai.

Pengadaan ini dibiayai dari sumber dana Silpa Dana Bagi Hasil-Dana Reboisasi (DBH-DR) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tahun 2020 melalui Program Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Kegiatan Pengembangan Sarana dan Prasarana Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

(Baca Juga : Bupati Gumas: Menyusun RTRW Perlu Adanya Dukungan dari Semua Pihak)

Kepala Pelaksana BPBD Kobar, Petrus Rinda pada Selasa (9/6/2020) menyampaikan bahwa pengadaan truk ini adalah sebagai sarana untuk menunjang penanganan Karhutla di Kabupaten Kobar.

“Kami sekarang sudah memiliki kendaraan truk tangki suplai sejumlah 10 unit. Nantinya kendaraan ini akan ditempatkan di Kecamatan Kotawaringin Lama 1 unit, 2 unit di Kecamatan Kumai serta 1 unit di Kecamatan Pangkalan Banteng,” terang Petrus.

Di samping itu, Petrus juga berharap bahwa penanganan karhutla untuk tahun 2020 ini BPBD sudah siap karena ditunjang oleh peralatan yang sudah cukup memadai.

Untuk melengkapi truk tangki suplai tersebut juga ditambah dengan 5 unit Mesin Pemadam Portable serta perlengkapannya.

Untuk melaporkan kejadian bencana, masyarakat Kobar dapat segera menghubungi BPBD melalui media sosial seperti twitter, facebook serta instagram BPBDKOBAR atau dapat menghubungi kontak person Kasi Pencegahan, Pahrul Laji (0813 4903 2484) atau Kasi Kedaruratan, Sudiro Suryandaru (0857 5116 6464). (@dhy/bpbd kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook