Bupati Gunung Mas Terima Bansos dari Gubernur Kalteng

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 31 Mei 2020 02:04, Dibaca 1,218 kali.


MMCKalteng - Kulala Kurun – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong bersama Forkopimda, menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bersama anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran dan Anggota tim percepatan pembangunan Kalteng Berkah Rahmadi G. Lentam dan Ibu AS Pelu serta beberapa Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng.

Kegiatan tersebut dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Mas untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah Kepada 3012 KK yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Gunung Mas, bertempat di Pandopo Rujab Bupati Gunung Mas, Jumat (29/5/2020).

(Baca Juga : Desa Badirih Titik Awal Pelaksanaan Program PTSL)

Total bantuan diserahkan sebesar Rp 1.506.000.000,- dengan masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar Rp. 500.000,-. Bantuan langsung diserahkan oleh Gubernur Kalimantan Tengah dan diterima secara simbolis oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong yang selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan sebagai penerima BLT.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mengatakan, acara ini merupakan wujud kehadiran Pemerintah di tengah-tengah masyarakat untuk menjamin kehidupan dan kelangsungan hidup masyarakat Kalimantan Tengah dalam kondisi pandemic Covid-19.

Gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah telah melaoprkan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan sosial melalui APBD Pemprov Kalteng adalah sebanyak 180.747 kepala keluarga. KPM yang akan menerima bantuan sosial melalui Bank Kalteng ini tersebar di seluruh Kabupaten/Kota dengan nilai keseluruhan bantuan sebesar Rp.90.373.500.000,- (Sembilan Puluh Miliar Tiga Ratus Tujuh Puluh Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

Beliau menjelaskan bahwa proses pendataan penerimaan bantuan sosial ini diawali dengan pengajuan data keluarga terdampak oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Data ini diverifikasi dan validasi dengan cermat oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah agar tidak ada yang salah, tumpang tindih atau terduplikasi.

Dalam kondisi pandemic Virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Tengah, upaya kita bersama mulai menunjukan hasil yang menggembirakan untuk kemajuan Kalimantan Tengah. Pemerintah pusat telah menunjukkan Kalimantan Tengah sebagai lumbung pangan nasional.

“Saya mengajak semua RT/RW se-Kalimantan Tegah menggerakkan masyarakat untuk menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun air mengalir di setiap gang dan jalan pedesaan,” ungkapnya.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dalam sambutannya menerangkan,  bantuan dari Kementerian Sosial bentuk tunai sudah dilaunching tanggal 20 Mei 2020, untuk dari Kabupaten akan dipersiapkan sambil menunggu petunjuk dari Gubernur, dari dana desa, dari kementerian sosial melalui kantor pos beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan, ucapnya.

“Pada kesempatan ini pula sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini Gubernur Kalimantan Tengah atas perhatian dan dukungannya kepada Kabupaten Gunung Mas, sehingga penyaluran bantuan sosial tunai ini dapat dilaksanakan di Kabupaten Gunung Mas,” tandasnya.

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook