BPJS Kesehatan Sosialisasi Mobile JKN Bagi PIC Penanggung Jawab Data Kepesertaan JKN-KIS

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 20 Oktober 2020 19:38, Dibaca 251 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Dalam rangka Sosialisasi Program JKN-KIS dan Pemanfaatan Aplikasi mobile JKN bagi PIC penanggung jawab data JKN-KIS OPD se-Kabupaten Gunung Mas kegiatan tersebut bertempat di Aula Tampung Penyang Kuala Kurun, Selasa (20/10/2020). Kegiatan tersebut diikuti PIC penanggung jawab data Kepesertaan JKN-KIS yang bertugas mengumpulkan dan melengkapi data pegawai di masing-masing perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Pengembangan Aplikasi VIKA merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab melalui BPJS Kesehatan, VIKA memberikan informasi tentang status tagihan dan status kepesertaan program JKN-KIS, cara menghubungi VIKA cukup dengan cara telepon ke nomor 1500 400 dapat langsung terhubung dengan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 setelah terhubung, peserta dapat menekan angka 1 untuk pengecekan status kepesertaan atau angka 2 untuk pengecekan status tagihan,” jelas Kepala Kantor BPJS Kabupaten Gunung Mas Idham Chalid.

(Baca Juga : Empat UMKM Palangka Raya Terima Penghargaan )

Lebih lanjut Idham Chalid menyampaikan, dalam rangka upaya meningkatkan pemahaman terhadap hak, kewajiban, ruang lingkup kepesertaan, prosedur pelayanan kesehatan serta kebijakan terbaru terkait penyelenggaraan program JKN-KIS. Memberikan kemudahan peserta JKN-KIS khususnya segmen ASN/PPPK dalam melakukan perubahan data, mengakses layanan kesehatan dan menyampaikan informasi pengaduan tanpa perlu harus datang ke kantor cabang.

“Tentu hal ini akan memberi dampak mendukung program pemerintah untuk penerapan adaptasi kebiasaan baru di lingkungan BPJS Kesehatan yang bertujuan memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta dengan tetap memberikan perlindungan atas kesehatan dan keselamatan Duta BPJS Kesehatan dan Peserta dari resiko penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),” terang Idham Chalid.

Program JKN-KIS bertujuan memberikan perlindungan baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain untuk mendapat kepastian jaminan kesehatan sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Dengan menjadi peserta Program JKN-KIS, maka setiap peserta yang sehat akan bergotong royong membantu peserta yang sakit. Apabila taat membayar iuran tepat waktu dan menjaga kesehatan, maka dalam diri tiap-tiap orang tertanam rasa kepedulian terhadap sesama terutama musibah berupa sakit.

“Peserta JKN-KIS mempermudahkan peserta mendapatkan informasi dan kemudahan-kemudahan pelayanan dalam program JKN-KIS ini termasuk juga menyampaikan keluhan ataupun kritik masukan terhadap program JKN-KIS ini,” pungkasnya. (Iswanto / Foto: Iswanto)

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook