Lapas Kelas IIB Muara Teweh Jalani Penilaian ZI Menuju WBK/WBBM oleh TPI

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 19 Mei 2020 17:00, Dibaca 184 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Teweh Jalani Monitoring dan Evaluasi serta Penilaian Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Selasa (19/5/2020).

Kegiatan dilakukan secara virtual melalui video conference di Ruang Aula Pengayoman Lapas Muara Teweh mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai. Turut hadir Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Muara Teweh, Sarwito, seluruh Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) ZI beserta anggota tim pokja, serta empat TPI Itjen Kemenkumham (Superman Firman, Aji Prasetyo, Ian Syah dan Tabita).

(Baca Juga : Teleconference Bersama Plt. Menteri Terkait Penguatan Pencegahan Korupsi)

Kegiatan dimulai dengan penampilan yel-yel, dilanjutkan dengan pemaparan enam area perubahan dan inovasi yang diterapkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) oleh Kalapas serta sesi tanya jawab seputar pembangunan ZI di Lapas Muara Teweh oleh TPI.

Tabita, salah satu Tim Penilai sangat mengapresiasi kinerja Humas Lapas Muara Teweh terutama dalam hal penyampaian pembinaan kepada masyarakat luas melalui media sosial. "Pembinaan di Lapas Muara Teweh sangat baik terutama dalam hal produk yang dihasilkan diantaranya ada hasil kesenian merajut (tas, peci, gantungan kunci), membuat bunga dari sedotan, menjurai, produksi tempe dan telor asin, sangat menarik" tutur Tabita.

Ada beberapa arahan dan masukan yang diberikan oleh TPI antara lain, pemberian nama UPT yang jelas pada sosial media agar dapat tereksplor dengan mudah oleh masyarakat dan lebih sering mengupload konten menarik di YouTube. TPI berharap Lapas Muara Teweh dapat lanjut ke tahap selanjutnya yaitu penilaian secara eksternal oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Tetap jaga komitmen dan integritas dalam bekerja," pinta Firman.

"Alhamdulillah, kami sudah melaksanakan kegiatan penilaian oleh TPI secara virtual hari ini. Keseluruhan kegiatan berjalan baik dan lancar. TPI sangat mengapresiasi segala bentuk pemaparan yang sudah dijelaskan dengan detail. Untuk inovasi sendiri kami sudah menerapkan inovasi di UPT baik untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun untuk masyarakat sebagai penikmat layanan. Tugas kami selanjutnya adalah mengevaluasi secara internal dan memperbaiki kinerja sesuai arahan yang diberikan agar lebih baik dan dapat mendapat predikat WBK/WBBM sesuai yang diharapkan," tutur Sarwito.

"Terimakasih kepada TPI yang telah memberikan penilaian, arahan dan masukan kepada Lapas Muara Teweh agar lebih baik lagi kedepannya," tutup Kalapas Muara Teweh, Sarwito. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook