Varietas Padi Lokal Siam Epang Dukung Program Swasembada Kalteng Berkah

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 05 Mei 2020 14:01, Dibaca 617 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Dalam rangka mewujudkan program peningkatan produksi swasembada pangan menuju Kalteng Berkah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah memberikan  dukungan sarana produksi benih varietas lokal kepada petani di beberapa lokasi sentra produksi padi. Tidak hanya saprodi benih varietas unggul yang diterima petani, sebagian daerah yang spesifik dengan pola tanam padi lokal diberikan stimulasi berupa benih varietas lokal, contohnya siam epang di Kotawaringin Timur.

"Bantuan bibit varietas siam epang seluas 95 hektar ditanam pada MT Okmar 2019/2020  di kecamatan Teluk Sampit, Kotawaringin Timur. Dilaporkan dari Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, telah panen seluas 25 hektar di Desa Kuin Permai, Sabtu 2 Mei 2020. Sisanya seluas 70 hektar di desa Lampuyang diperkirakan akan panen bertahap dalam beberapa minggu ke depan,“ terang Hj.Sunarti, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah di ruang kerjanya, Selasa (5/5/2020).

(Baca Juga : Ketersediaan Pangan di Mura Cukup Jelang Ramadan dan Idul Fitri)

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, kegiatan panen padi di desa Kuin Permai, Kecamatan Teluk Sampit yang dihadiri oleh Camat Teluk Sampit, Drs. Juliansyah.M.AP, Kepala Desa Kuin Permai, Repandi Apriadi serta mantri tani dan PPL setempat menyampaikan apresiasi kepada kelompok tani yang diketuai Roby untuk tetap bercocok tanam dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika berada di sawah dan mematuhi anjuran social distancing dalam melakukan aktivitas di luar rumah.


"Dari hasil ubinan diperoleh provitas padi siam epang mencapai 7 ton/ha gabah kering panen. Untuk Poktan Sido Mukti 2, Desa Lampuyang belum realisasi panen. Total luas panen di kecamatan Teluk Sampit dari Januari hingga awal Mei 2020 telah mencapai 3.500 hektar,“ lapor Kasim, Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Kotawaringin Timur kepada H.Irpan Rianto, Kabid Tanaman Pangan, Dinas TPHP Provinsi Kalimantan Tengah dalam WA Grup Tanaman Pangan Kalteng. ( by. Ita-PMHP )

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook