Tingkatkan Pengetahuan, Lapas Sukamara Ikuti Sosialisasi Yankomas

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 05 Mei 2020 13:02, Dibaca 8 kali.


 MMCKalteng - Sukamara - Guna mempelajari lebih dalam terkait pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara mengikuti Sosialisasi mengenai Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) melalui Teleconference, Selasa (4/5/2020).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya membuka sosialisasi tersebut dengan menjelaskan secara singkat apa dan bagaimana pelaksanaan Yankomas di Unit Pelaksana Teknis. "Bapak Ibu harus disiapkan di tempat yang strategis (Pos Yankomas), upayakan jangan hanya dipampang saja," jelas Ilham, Kakanwil Kemenkumham Kalteng, ketika memaparkan Yankomas.

(Baca Juga : Penyusunan Grand Desain Unit Pelaksana Teknis (Upt) Di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng Wujudkan Efisiensi Dan Efektifitas Berkinerja)

Ilham juga menambahkan, perlunya kondisi Pos Yankomas yang baik, serta petugas yang benar tidak asal menempatkan. "Terima kasih kepada Kepala UPT yang berperan aktif pada kegiatan ini," imbuhnya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum Cahyani Suryandari juga menyampaikan kepada jajaran Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah terkait Yankomas. "Saya harap bagi UPT yang belum membentuk Pos Yankomas, segera bentuk. Lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait HAM," ajak Cahyani.

Cahyani juga meminta kepada Unit Pelaksana Teknis untuk menginventarisir, mendokumentasikan, melaporkan setiap penanganan di Yankomas. "Divisi Pelayanan Hukum akan verifikasi Laporan pada akhir Bulan Juni mendatang," ungkap Cahyani.

Selain itu, Kepala Bidang HAM Karyadi mengajak setiap anggota Yankomas agar menelaah dari sisi Hukum dan sisi HAM terkait aduan. "Jangan ragu, maju terus," ajak Karyadi, Kabid HAM.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Asmuri, juga berharap, kedepan Pos Yankomas di Lapas Sukamara dapat segera dioperasikan. "Akan kita kembangkan lagi Pos Yankomas Lapas Sukamara," kata Asmuri, Kalapas Sukamara. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

 

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook