Peduli Covid-19, Rutan Buntok Konsisten Lakukan Screening Suhu Tubuh

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 April 2020 21:07, Dibaca 228 kali.


MMCKalteng - Buntok - Antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia, khususnya di Barito Selatan yang telah berada di zona merah, Rutan Buntok terus melakukan tindakan preventif dengan melakukan screening suhu tubuh kepada para pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kepala Rutan Buntok Mastur melalui petugas bidang kesehatan Rutan Buntok Budy Santoso, Sabtu (25/4/2020) menjelaskan bahwa kegiatan screening suhu tubuh akan rutin diadakan setiap hari Sabtu. Screening ini terdiri dari pengecekan suhu tubuh dan penyampaian keluhan yang diderita. Pemeriksaan suhu tubuh ini bertujuan untuk melihat tingkat suhu tubuh para pegawai dan warga binaan seperti yang diketahui beberapa gejala covid-19 ialah mengalami demam, batuk kering dan sesak napas. Kemudian, para pegawai dan warga binaan diminta menyampaikan keluhan jika mengalami masalah kesehatan.

(Baca Juga : Melalui Video Teleconference, Sekjen Sampaikan Kesiapan Kegiatan Rakor)

Hasil rata-rata suhu tubuh para pegawai dan warga binaan berkisar 36,3 sampai dengan 37,6 derajat celsius. Keluhan yang dialami beberapa warga binaan yaitu batuk. Selalu dihimbau kepada warga binaan untuk menjaga kesehatan, menjaga kebersihan dan sering mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga pola tidur yang teratur.

Setiap pegawai yang memasuki area Rutan tetap melakukan mekanisme kesehatan covid-19. Cuci tangan sebelum melewati pintu P2U dan menggunakan hand sanitizer lalu memasuki box sterilisasi.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat mencegah penyebaran virus corona di Rutan Buntok dan upaya preventif terus dilakukan dalam mencegah penyebaran virus corona. “Screening suhu tubuh ini konsisten kita lakukan setiap minggu agar kita segera mengetahui jika ada yang terindikasi virus corona, khususnya pegawai yang keluar masuk area Rutan, kita berdoa semuanya tetap sehat dan tetap semangat lawan virus corona dengan mengurangi bepergian keluar rumah dan tidak mudik,” tutup Mastur. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook