Kalteng Sudah Miliki 107 Notaris, Kakanwil Minta Kompetisi Pelayanan Kepada Masyarakat Secara Positif Dan Profesional

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 14 Maret 2018 11:28, Dibaca 1,284 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya (14/03) Notaris merupakan jabatan publik yang dimaknai sebagai jabatan kepercayaan atau dengan kata lain disebut juga sebagai jabatan profesi yang diberikan Pemerintah. Notaris juga merupakan profesi hukum yang tertua didunia dan sampai saat ini dianggap masih bergengsi. Hari ini Rabu (14/03) bertempat di Aula Kantor Wilayah Jalan Adonis Samad Palangka Raya, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Hajrianor telah melantik dan mengambil sumpah jabatan satu orang Notaris atas nama  Duwi Hartati yang bertugas untuk Notaris Wilayah Kota Palangka Raya. Dalam sambutan pelantikan, Hajrianor menyampaikan bahwa jumlah Notaris sekarang yang ada di Wilayah Propinsi Kalimantan Tengah berjumlah 107 orang notaris. Hal ini akan berimbas pada semakin ketatnya kompetisi antar Notaris. Untuk itu diharapkan, agar dalam kompetisi tersebut para Notaris diharapkan bersaing dengan positif dan profesional dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat.

Hajrianor juga menambahkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia diberikan tugas sebagai institusi oleh Kementerian yang melakukan pembinaan notaris di daerah, untuk melakukan pemantauan terhadap pelayanan jasa yang diberikan Notaris. Oleh karena itu Hajrianor berharap kepada seluruh Notaris yang ada di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan lebih khusus Notaris yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, patuhi kode etik yang ada serta junjung tinggi sikap profesionalisme seorang notaris. Jangan mudah tergiur dengan godaan-godaan yang dapat menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari sehingga akibatnya akan kembali kepada notaris yang bersangkutan. Zaman sekarang masyarakat sudah kritis jadi laksanakanlah tugas dengan kehati-hatian dan bersikaplah netral dan tidak memihak kesiapapun karena jabatan Notaris ialah untuk mencegah terjadinya masalah bukan sebagai pencipta masalah.

(Baca Juga : Lomba Muazin, Tahfiz Qur’an Serta Fashion Busana Muslim Warnai Peringatan Isra Mi’raj Rutan Palangka Raya)

Diakhir sambutannya Hajrianor mengucapkan selamat kepada Duwi Hartati yang baru dilantik. Pesan Hajrianor sebelum bertugas segera laporkan diri kepada Pengawas Notaris Daerah setempat serta Instansi terkait. Pelantikan dan Pengambilan sumpah janji Notaris ini dihadiri oleh Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Se-Kota Palangka Raya serta Pegawai Kantor Wilayah berjalan tertib dan lancar sejak mulai awal hingga selesainya acara. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Jan2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook