Dihari Libur Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng Kunjungi Rutandan Lapas Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 05 November 2018 15:53, Dibaca 451 kali.


MMCKalteng – Sebagai Pimpinan baru di Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Kalteng, Plt. Kakanwil Budi melakukan kunjungan ke Rutan Palangka Raya Sabtu (03/11) dan Lapas Palangka Raya Minggu (04/11).

Dalam kunjungannya ke Rutan Palangka Raya, Plt. Kakanwil disambut langsung Kepala Rutan Akhmad Zaenal Fikri. Di Rutan, Plt. Kakanwil langsung meninjau blok napi dan tahanan.  Didalam blok Plt. Kakanwil menyempatkan berdialog dengan beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terkait keberadaan mereka selama menjadi warga binaan di salah satu Rutan terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah ini.

(Baca Juga : Pegawai Kanwil Kalteng Antusias Ikuti Pemeriksaan Kesehatan)

Selanjutnya Plt. Kakanwil juga meninjau tempat pembinaan Rutan Palangka Raya, dimana pada saat itu beberapa orang WBP sedang asik membuat kerajinan getah nyatu yang menjadi produk unggulan WBP Rutan Palangka Raya.

Hampir satu jam lamanya Plt. Kakanwil memperhatikan para WBP Rutan dalam membuat sebuah karyanya. Keuletan dan ketelitian menjadi perhatian serius dalam pembuatan seni getah nyatu. Pantas saja nilai dari hasil karya yang diciptakan cukup lumayan tinggi karena pembuatannya sangat susah dan memerlukan keahlian yang mumpuni.

Atas hasil yang dilihatnya langsung saat mengunjungi Rutan Palangka Raya, Plt. Kakanwil mengapresiasi kinerja bagus yang dilakukan pihak Rutan Palangka Raya. Menurutnya keadaan Rutan yang aman dan kondusif ditambah lagi pembinaan WBP yang bagus adalah sesuatu yang kita harapkan.

Sementara pada kunjungannya hari Minggu ke Lapas Palangka Raya, Plt. Kakanwil langsung mengunjungi tempat pembinaan yang dilakukan. Disana Plt. Kakanwil didampingi 3 pejabat Lapas yakni KPLP Arief, Kasi Binadik Irvan dan Kasi Giatja Eka Prayitno langsung menuju bengkel kerja Lapas yang saat itu ada beberapa WBP yang sedang asik bekerja bidang pertukangan membuat meubelair dan stik drum.

Selanjutnya Plt. Kakanwil juga melihat-lihat pemanfaatan granggang Lapas yang diisi dengan pertanian. Menurutnya hal ini sangat bagus karena kreatifitas warga binaan dibina dengan sangat baik. Menurutnya fungsi Pemasyarakatan akan teraktualisasi dengan baik apabila kita melakukannya dengan benar seperti yang dilakukan Rutan dan Lapas Palangka Raya.

Dalam keterangannya, Plt. Kakanwil melakukan kunjungannya ke Rutan dan Lapas Palangka Raya dihari libur sebagai suatu tindakan perhatian kepada UPT yang ada di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng. Selain itu untuk memberi contoh kepada bawahannya agar selalu waspada, walaupun dihari libur kita tetap selalu harus mengontrol keadaan agar tetap selalu aman dan kondusif, ungkap Budi Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Okt 2018)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook