SMPN 4 Selat Sebagai Sekolah Inklusif

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 26 Februari 2020 09:44, Dibaca 454 kali.


MMCKalteng - KUALA KAPUAS – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Selat adalah salah satu sekolah Inklusif yang ada di kabupaten Kapuas. Pendidikan Inklusif sendiri adalah sistem layanan pendidikan yang mengatur agar difabel dapat dilayani di sekolah dan ikut di kelas reguler bersama-sama teman seusianya tanpa harus dikhususkan.

Berkenaan dengan hal tersebut SMPN 4 Selat membuat bangunan yang tentu ramah dengan anak-anak difabel agar lebih nyaman saat belajar yang mana bangunan tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Dr H Suwarno Muriyat, Senin (17/2/2020) pagi.

(Baca Juga : Dewan Apresiasi Penyelenggaraan Pameran Book Fair dan Expo Di Pulang Pisau)

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas bahwa dengan adanya bangunan tersebut tentu merupakan suatu kebahagian karena dapat menjalankan amanah dalam pengunaan DAK semaksimal mungkin. Ia juga menerangkan bahwa SMPN 4 Selat adalah sekolah yang hebat karena menjadi sekolah yang menjalankan pendidikan inklusif untuk para siswanya.


Terkait program Kapuas Cerdas, ia juga menerangkan bahwa nantinya Pendidikan Inklusif ini akan menjadi salah satu yang diperhatikan dengan harapan disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas ada pilot project yang nantinya juga akan disosialisasikan kepada masyarakat terkait apa itu sekolah inklusif.

“Saya berharap kedepan di setiap Kecamatan di kabupaten Kapuas ada Sekolah Inklusif yang menjadi pilot project, serta kedapan juga akan disosialisasikan kepada masyakat bahwa ada sekolah insklusif dimana anak-anak berkebutuhan khusus dapat bergaul dan berteman dengan anak-anak yang tidak berkebutuhan khusus, tentu hal tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Bupati Kapuas dalam mewujudkan Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan harapan kepada semuanya untuk dapat bersama-sama mewujudkan dan mensukseskan Program Kapuas Cerdas karena menurutnya tanpa kerja sama hal tersebut tidak akan bisa tercapai. Untuk Program Kapuas Cerdas walaupun belum dilaunching tapi sejauh ini sejumlah program di dalamnya sudah berjalan.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 4 Selat Elpelina Sinaga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Kapuas untuk meresmikan bangunan di sekolahnya itu. Ia menerangkan, bangunan tersebut memiliki tujuan agar dapat melaksanakan sekolah menjadi lebih baik lagi karena SMPN 4 Selat adalah sekolah Inklusif dan ada banyak anak bekebutuhan khusus. (hmsdsdk/hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook