Pembahasan Dua Raperda, Fraksi PDIP Dan Golkar Sampaikan Pandangannya

Kontribusi dari Widia Natalia, 03 Februari 2020 14:21, Dibaca 627 kali.


MMCkalteng - Palangka Raya - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Paripurna ke-6 masa persidangan 1 (Pertama) Tahun Sidang 2020, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (03/02/2020).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kalteng H. Jimmy Carter, membahas  Pandangan umum terhadap Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu tentang pencabutan Raperda nomor 4 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Asrama Mahasiswa Milik Provinsi Kalteng Dan Raperda Penyelenggaraan Ketertiban Umum,  Ketentraman, Perlindungan Masyarakat Dan Keamanan Masyarakat.

(Baca Juga : Masyarakat Pelosok Harapkan Tenaga Medis Menetap)

Pada kesempatan yang sama, fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI), fraksi Golongan Karya (Golkar) dan beberapa fraksi lainnya menyampaikan Pandangan umum fraksi terhadap Raperda dimaksud.


Dalam Pandangan umum tersebut, diantaranya Fraksi PDIP melalui Andina Theresia Narang, B.Comm menyampaikan, berkaitan dengan proses dan pengajuan Dua Raperda tersebut sudah cukup memenuhi syarat, ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, namun masih ada beberapa poin yang perlu dijelaskan kembali oleh pihak eksekutif terkait Raperda ini.


Fraksi Partai Golkar melalui Sinar Kamala juga menyampaikan Pandangan umum terhadap dua Raperda tersebut guna penyempurnaan dan pembahasan lebih lanjut, yakni terkait Raperda Penyelenggaraan Ketertiban Umum,  Ketentraman, Perlindungan Masyarakat Dan Keamanan Masyarakat agar Dasar Hukum dicantumkan hendaknya tidak hanya memuat dasar kewenangan pembentukan Perda dan peraturan Perundang-Undangan yang memerintahkan pembentukan Perda, tetapi Peraturan Perundang-Undangan yang dicantumkan hendaknya relevan dengan materi Perda yang dibentuk. 

Hadir dari pihak eksekutif, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail bin Yahya, unsur Forkopimda, perwakilan Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng serta para anggota DPRD Prov.Kalteng. (Eap/foto:Don)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook