Jadilah Pemenang Dalam Kompetisi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 07 Januari 2020 07:48, Dibaca 783 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Setiap siswa yang telah menyelesaikan pendidikan pada tingkat SMA haruslah menjadi pemenang dalam masuk Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi impiannya dalam meniti cita-cita untuk masa depan yang lebih baik. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Mofit Saptono pada amanatnya ketika menjadi pembina upacara bendera Senin pagi di SMA Negeri 1 Palangkaraya, Senin (6/1/2020).

“Setiap lulusan SMA di setiap sekolah yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri hanya berkisar 25% sampai dengan 30% dari seluruh jumlah siswa kelas XII yang lulus setiap tahunnya. Oleh sebab itu para siswa harus memiliki motivasi dan persiapan yang betul-betuk matang serta  strategi tersendiri agar bisa menjadi pemenang dalam merebut tempat di Perguruan Tinggi Negeri tersebut. Gunakan waktu untuk belajar sebaik-baiknya dalam meghadapai USBNBK dan UNBK.” kata beliau.

(Baca Juga : Diskominfo Dukung Kegiatan Belajar di Luar Kelas )

Dalam kesempatan itu juga beliau mengingatkan kepada para siswa kelas X dan  XI agar mulai sekarang ini mempersiapakan diri dalam belajar secara sungguh-sungguh. Kompetisi masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun-tahun yang akan datang akan lebih berat. Hanya siswa yang memiliki kompetensilah yang akan berhasil.


Kepala Diknas Provinsi Kalimantan Tengah juga menyampaikan pesan agar para siswa harus tetap mawas diri dalam pergaulan serta turut serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

“Generasi muda adalah harapan bangsa. Jauhi diri dari pergaulan bebas, minuman keras dan narkoba. Jadilah siswa yang berkarakter  unggul dan berprestasi. Nasib bangsa ini ke depan sangatlah  bergantung pada generasi muda saat ini,” imbuhnya.

Dalam amanatnya Mofit juga menyampaikan bahwa dirinya adalah alumni SMA Negeri 1 Palangkaraya. Selain dirinya ada banyak alumni SMA Negeri 1 Palangkaraya yang sudah menjadi pemimpin, baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi dan kabupaten. Bayak juga alumni yang menjadi orang-orang yang sukses dalam  berbagai profesi. Maka dengan demikian beliau berharap para siswa SMA Negeri 1 Palangkaraya bisa meneladani keberhasilan kakak-kakaknya.


Dalam kegiatan upacara Senin pagi di SMA Negeri 1 Palangkaraya, selain Kadis juga dihadiri oleh pejabat-pejabat lain dari Diknas Provinsi Kalimantan Tengah.  Tampak hadir adalah Kabid Pembina SMA dan beberapa orang pejabat setingkat Kasi.

Setelah selesai kegiatan apel Senin pagi, Kepala Diknas Provinsi Kalimantan Tengah memberikan  bingkisan kepada para siswa yang merayakan ulang tahunnya pada tanggal 6 Januari. Tercatat ada 3 siswa yang  berulang tahun. Kadis di dampingi kepala SMA Negeri 1 Pangkaraya Drs. H. Arbusin memberikan bingkisan berupa kue ulang tahun dan boneka kepada siswa yang berulang tahun tersebut.

Menurut Pak Kadis pemberian hadiah ulang tahun kepada para siswa ini merupakan wujud nyata rasa cinta dan adanya ikatan emosional pada almamaternya. ” Semoga apa yang saya berikan ini mejadi berkatah,“ katanya. (Awr)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook