Kapuas Raih Juara Dua Nasional Lomba Tari Daerah

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 31 Desember 2019 19:18, Dibaca 246 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS - Tim Kesenian Kabupaten Kapuas diwakili oleh Sanggar Tari Tingang Menteng Pahunjung Tarung Kabupaten Kapuas mendapat hasil yang membanggakan yaitu meraih Juara dua Lomba Tari Daerah pada Event Balikpapan Manuntung Art Festival Tingkat Nasional 2019 yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 27 sampai dengan 29 Desember 2019 di Gedung BSCC Dome Balikpapan, Kalimantan Timur. Adapun penyerahan piagam dan trofi juara diserahkan secara langsung oleh Walikota Balikpapan H M Rizal Efendi dan diterima oleh perwakilan Tim Kesenian Kabupaten Kapuas Noval Pratama.

(Baca Juga : Kepala BRG Resmikan Kapal Wisata dan Guest House di Punggualas)


Tim Kesenian Kapuas yang dipimpin oleh Erliansyah Narpan Apoi sekaligus sebagai Koreografer yang membawa rombongan sebanyak 25 orang mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian prestasi yang diraih anak asuhnya sehingga berhasil sukses meraih juara dua. Selain itu, dirinya juga berterima kasih kepada semua pihak khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas atas dukungannya sehingga kesenian di Kabupaten Kapuas semakin maju dan berkembang.

Pimpinan Tim Kesenian Kapuas Erliansyah berharap dengan pencapaian ini akan lebih memotivasi generasi muda Kapuas untuk mencintai Tarian Daerah karena salah satu cara untuk mempromosikan daerah dimata dunia salah satunya dengan tarian daerah.


Erliansyah menceritakan bawa perjuangan untuk meraih juara dua tidaklah mudah karena bersaing dengan 50 Peserta perwakilan di 34 Provinsi se Indonesia yang juga luar biasa menampilkan atraksi tarian yang beraneka ragam. Kemudian, dewan juri yang menilaipun dari  juri-juri nasional yang sudah melang melintang menjuri pada event nasional.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tarian yang ditampilkan pada kegiatan tersebut berjudul Nyai Undang yang mana merupakan tarian yang diangkat dari cerita rakyat di Kuta Bataguh yang saat ini terdapat situs peninggalannya.

“Tari ini diangkat tidak hanya memperkenalkan tarian daerah namun mempromosikan  salah satu kawasan destinasi wisata yang ada di Kuala Kapuas, rasa bangga dan haru tentu kami rasakan,” tutur Erliansyah. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook