Peresmian Kapal Wisata Kahayan Berkah Bertenaga Surya

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 25 November 2019 18:21, Dibaca 119 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd bersama dengan Destination Management Organization (DMO) Kalimantan Tengah meresmikan peluncuran wisata bertenaga surya di Hangar MAF (Mission Aviation Fellowship) di tepian Sungai Kahayan yang berlokasi di jalan lintas Palangka Raya dan Bukit Rawi (Pahandut Seberang) pada hari senin (25/11) . Kapal yang diberi nama Kapal Wisata Kahayan Berkah ini sebagian besar bahan bangunnya terbuat dari kayu dan digerakkan oleh tenaga matahari (solar cell).

Destination Management Organization (DMO) Kalimantan Tengah merupakan mitra Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah terkait dengan ekowisata dan penggagas pembuatan kapal tenaga surya. Prof. Dr. Helmut Weber, Direktur Asian Studies and Management/Sustainable Tourism Planning, Universitas Ilmu Terapan Konstanz (Jerman) menerangkan bahwa tenaga surya merupakan energi yang terbarukan dan ramah lingkungan sehingga kapal yang digerakkan oleh energi tersebut sangat mendukung ekowisata di Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Pj. Sekda Buka Pawai Budaya Temu Karya se-Indonesia)

Kapal susur sungai bertenaga surya ini dirancang oleh Richard Leiner dan dibangun oleh Thomas Brönniman. Model kapal memiliki Panjang 4,8 meter dan lebar 1,8 meter berteknologi tenaga surya dengan kecepatan 14 km/jam. Kapasitas penumpang sebanyak 12 orang maksimal.

Kapal Wisata Kahayan Berkah ini didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah dan Kedutaan Jerman (kerjasama Eco Hapakat Foundation dan Fairventures Worldwide gGmbH).

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook