Sosialisasi dan Iventarisasi Data dan Informasi Lingkungan Hidup Untuk Penyusunan RPPLH

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 27 November 2019 20:46, Dibaca 1,280 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya –  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah yang difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Inventarisasi Data dan Informasi Lingkungan Hidup untuk Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Provinsi Kalimantan Tengah di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Setda Kota Palangka Raya, Rabu (27/11/2019).

(Baca Juga : Pemkab Pulang Pisau Gelar Expo Tahun 2019)

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, Tirta dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan pada 14 Kabupaten/Kota dan di Kota Palangka Raya adalah yang terakhir dilaksanakan.

Adapun untuk Kota Palangka Raya peserta sosialisasi berasal dari tim restorasi gambut Prov KalTeng, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas ESDM, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, BPS Kota Palangka Raya, Organisasi Perangkat Daerah Kota Palangka Raya dan 5 Kecamatan di Kota Palangka Raya.

Lanjut Tirta dari sosialisasi ini diharapkan segera tersusun laporan Inventarisasi data dan informasi lingkungan hidup Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tahap awal dari penyusunan RPPLH.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu pada saat membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dalam rangka bersama sama membangun komitmen untuk selalu melakukan koordinasi, sinkronisasi dan penyamaan persepsi untuk membantu didalam penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah.

Penyusunan Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) merupakan amanat Undang Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Untuk itu saya minta kepada masing masing OPD yang telah disampaikan formnya untuk menyiapkan dan memberikan data dan informasi lingkungan hidup seperti potensi dan kondisi SDA utama, Data kependudukan dan pemukiman, Data Pertumbuhan Ekonomi, Data Bencana dan kerusakan lingkungan, data kualitas lingkungan hidup, permasalahan dan konflik lingkungan hidup, indikasi daya dukung dan daya tampung, peta land cover dan land use, peta kawasan hutan, peta rawan bencana dan peta kawasan strategis serta data lain yang dibutuhkan, tegasnya. ( MC Isen Mulang).

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook