21 Ribu Warga Palangka Raya Antre Cetak e-KTP

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 21 Februari 2018 13:51, Dibaca 3,005 kali.


MMCKalteng - Hingga saat ini masih ada sekitar 21.000 jiwa warga Kota Palangka Raya menunggu giliran pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya.

Masih banyaknya warga yang belum tercetakan e-KTP ini karena Dukcapil Palangka Raya mengalami kendala untuk mencetak pasca kantornya pindah ke Jalan Soekarno per 1 Januari 2018. Saat ini dalam satu hari hanya mampu mencetak 200 lembar e-KTP.

(Baca Juga : Kapolres Palangka Raya Ajak Warga Gereja Galilea Perangi Berita Hoax)

Belum optimalnya pelayanan cetak e-KTP ini karena jaringan internet dan pasokan listrik untuk melayani operasional Dukcapil Palangka Raya masih kurang. "Kalau bermasalah mesin hanya mampu mencetak 50 e-KTP per hari," ujarnya.

"Kendala saat ini belum baiknya jaringan, terutama saat melakukan pencetakan. Namun masih bisa dilakukan pencetakan walau harus memerlukan waktu cukup lama untuk terkoneksi," ungkap Kabid Pendataan Penduduk Dukcapil Kota Palangka Raya, Lukmanul Hakim, Rabu (21/2/2018).

Saat ini Dukcapil Kota Palangka Raya masih menggunakan tiga unit mesin yang lama untuk mencetak e-KTP. Di sisi lain Dukcapil juga sudah memesan penambahan dua mesin pencetakan yang baru, namun barangnya belum diterima.

"Kita berharap mesin yang baru nanti bisa digunakan dengan baik, apalagi kapasitasnya mampu mencetak 1.000 lembar e-KTP per hari," imbuhnya. Lukmanul menuturkan tidak optimalnya pelayanan cetak e-KTP ini juga hampir dialami daerah lain di Indonesia. (MC. Isen Mulang), (Martianan Winarsih)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook