15 Hektare Lahan Disiapkan Untuk Bawang Merah

Kontribusi dari Iin Carolina, 28 Januari 2019 09:46, Dibaca 361 kali.


MMCKalteng – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Harry Maihadi melalui Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Rika Ernaningsi mengatakan, pihaknya bakal menyiapkan 15 hektare lahan sebagai tempat untuk tanam bawang merah, dimana bantuan bibitnya langsung dari pemerintah pusat melalui kementerian pertanian.

“Setidaknya 15 hektare luasan lahan yang kami siapkan untuk bantuan bawang merah yang dibagikan ke provinsi dan disalurkan ke kabupaten/kota,” ujar  Rika, Jum’at (25/1/2019).

(Baca Juga : Bupati Kobar Kukuhkan Pengurus Forum Anak Kobar Periode 2019-2021)

Disebutkan, dari 15 hektare tersebut akan dibagikan berdasarkan dua metode pembibitan. Dimana nantinya akan diuji cobakan bibit bawang yang ditanam menggunakan ubinya dan metode bijinya.

“Metode biji akan dilakukan untuk lima hektare. Sedangkan metode ubi untuk 10 hektare, kalau metode ubi ini sudah familiar di kalangan petani,” terang Rika

Untuk metode tanam biji ini jelas Rika, baru tahun ini akan di uji coba, sehingga masih belum diketahui berapa besar tingkat keberhasilannya.

“Memang sudah ada petani yang mencoba menanam menggunakan metode tanam biji ini. Ternyata masih kurang baik untuk produksinya, berbeda dengan metode tanam ubi yang sangat cocok dan produksinya bagus,” sebutnya.

Kata Rika, berkaca dari bantuan bawang merah untuk Kota Palangka Raya yang mencapai 20 hektare di tahun lalu, maka dilihat secara produksi juga masih relatif stagnan, sehingga tidak diketahui tingkat keberhasilannya.

“Ini bisa jadi karena dipengaruhi beberapa faktor pada proses penanaman dan pemeliharaannya,” ulasnya.

Rika pun berharap agar kedepan pengembangan bawang merah dan produksi di Palangka Raya dapat terus mengalami peningkatan. Terlebih sudah mendapatkan bantuan dari pusat, sehingga dapat dikelola dengan baik dan hasilnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Palangka Raya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook