Bantuan Pangan Non Tunai Diterima 8.163 KPM

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 18 Mei 2018 20:44, Dibaca 487 kali.


MMCKalteng - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018 dari Kementerian Sosial RI diberikan kepada 8.163 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Penyaluran ini dilakukan oleh Dinas Sosial Kobar melalui Bank Mandiri.

Program BPNT merupakan program peralihan dari Bansos Rastra sebelumnya, dan mulai Mei 2018 diganti menjadi program BPNT. Hal itu dijelaskan Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kobar Mahrita di ruang kerjanya, Jum’at (18/5). 

(Baca Juga : Bupati dan Wakil Bupati Mura Melakukan Anjangsana ke RSUD Puruk Cahu setelah Upacara HUT Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia)

"BPNT merupakan program peralihan yang sebelumnya pada januari hingga april 2018 berupa Bansos Rastra, mulai Mei 2018 berganti menjadi Program BPNT," katanya.

Lebih lanjut Mahrita menjelaskan, di wilayah Kalteng baru Kobar dan Palangka Raya yang mendapatkan program BPNT. Untuk Kobar mulai Mei 2018 dan kota Palangka Raya direncanakan Juli 2018.

"Di wilayah Kalteng baru Kobar dan kota Palangka Raya yang mendapatkan program BPNT. Untuk wilayah Kobar penyaluran BPNT mulai Mei sudah harus disalurkan. Jumlah keluarga penerima manfaat BNPT sebanyak 8.163 KPM yang menyebar di 6 kecamatan di Kobar," jelasnya.

Menurut Mahrita, KPM penerima BNPT sebelumnya akan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan besaran Rp 110.000 yang langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat.

"Setiap KPM akan diberi KKS yang dibagikan oleh Bank Mandiri. Kartu tersebut senilai Rp 110.000 yang nantinya akan digunakan oleh KPM untuk membeli beras dan atau telur di agen/toko yang sudah ditunjuk oleh Bank Mandiri. Uang tersebut akan ditransfer ke rekening KPM sebelum tanggal 25 dan bisa dibelanjakan mulai tanggal 25 setiap bulannya," terangnya.

Penerima manfaat BPNT terdiri dari peserta Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 4.257 KPM dan Non PKH sebanyak 3.906 KPM. (Humas Diskominfo Kobar/Ana)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook