Gebyar Gema Shalawat Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 07 November 2019 07:23, Dibaca 11 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kapuas melaksanakan Gebyar Gema Shalawat se Kalimantan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang mana kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor ditandai dengan penabuhan rabana, di Lapangan Bukit Ngalangkang, Selasa (5/11/2019) malam.

(Baca Juga : TP PKK Berbuka Puasa dengan Anak Panti Asuhan)


Adapun kegiatan pembukaan tersebut diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Qori dari Kecamatan Pulau Petak, tahfiz juz lima terbaik dua STQ Tingkat Nasional di Kalimantan Barat pada tahun 2018, M Junaidi dilanjutkan dengan penampilan PC PMII kolaborasi Aswaja Putera dan Puteri.

Wakil Bupati Kapuas dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana atas kegiatan tersebut yang mana hal ini bertujuan untuk meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah SWT, kecintaan kepada Rasul, mengikat tali silaturahim serta dapat membawa manfaat, hikmah dan pahala di sisi Allah SWT.


“Kita melaksanakan ini adalah semata-mata karena syiar agama, karena kalau tidak disyiarkan maka agama tidak akan berkembang dan tidak banyak orang menghayati, ini untuk menanamkan keimanan kita kepada Allah SWT, patuh kepada perintah-Nya, semakin menjauhi larangan-Nya dan kegiatan ini untuk memupuk kecintaan kepada Rasul,” ungkap Nafiah.

Kemudian, ia berharap agar masyarakat Kabupaten Kapuas terus meningkatkan kerukunan umat beragama, kebersamaan dan kekeluargaan sehingga membangun masyarakat yang sejahtera lahir batin, mandiri dan memupuk tali silaturahim.

Selain itu, dirinya menjelaskan mengenai pentingnya keindahan hidup salah satunya menata kebersihan lingkungan masing-masing agar Kabupaten Kapuas kembali meraih Adipura. Oleh karena itu dirinya menyerukan akan masyarakat wajib memelihara kebersihan lingkungan, jalanan dan tempat-tempat lainnya sehingga nantinya mendapat hasil murni mencapai penilaian Adipura.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Tomy Syahputra dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan yang mana ada empat kategori yang diperlombakan yaitu kategori pelajar putra, pelajar putri, umum putra dan umum putri. Total peserta keseluruhan sebanyak 34 group yang terdiri dari berbagai daerah di Kalimantan.

Dirinya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari dan malam puncak pada tanggal sembilan nanti diadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang mendatangkan penceramah Habib Banua. Disetiap malamnya panitia menyiapkan kupon dibagikan kepada para pengunjung atau masyarakat untuk diundi dan berkesempatan mendapat hadiah menarik.

Tampak hadir unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Segenap Kepala Perangkat Daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kapuas dan masyarakat. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook