Puskesmas Lahei II Menuju Akreditasi Paripurna

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 02 November 2019 23:21, Dibaca 47 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Dalam rangka upaya peningkatan mutu fasilitas pelayanan kesehatan termasuk untuk Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas-Puskesmas di Kabupaten Barito Utara. Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Kesehatan terus mengupayakan peningkatan pelayanan tersebut, dimana Puskesmas-Puskesmas di Kabupaten Barito Utara dilakukan evaluasi oleh Tim Survey Akreditasi. Setelah Puskesmas Kandui, Puskesmas Sei Rahayu dan Puskesmas Lanjas terakreditasi, kini giliran Puskesmas Lahei II akan dilakukan evaluasi untuk menuju akreditasi paripurna.

Penilaian dilakukan oleh Tim Survey Akreditasi FKTP yang terdiri dari Dr. Marwan Siddik, Nur Dahniar, SKM, M.Kes dan Sutejdo, SKM, M.Kes, dimana tim akan berada di Kecamatan Lahei selama tiga hari untuk melakukan penilaian pada setiap sisi pelayanan di Puskesmas Lahei II Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara.

Perwakilan tim penilai Dr. Marwan Sidik menyampaikan bahwa proses akreditasi dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan kepada masyarakat. Proses pelayanan menjadi perhatian penting dalam penilaian ini. “Kami menilai bagaimana proses pelayanan kepada masyarakat dan seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat dengan kualitas pelayanan Pukesmas," jelas tim penilai Dr. Marwan.

Sementara itu Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah menyampaikan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat serta terus berupaya melakukan pembenahan sarana dan prasarana kesehatan dan peningkatan kwalitas pelayanan kepada masyarakat dengan baik, khusunya puskesmas-puskesmas, disamping juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat pedesaan.

Dalam kaitan penilaian akreditasi puskesmas guna terpenuhinya segala ketentuan yang berlaku sesuai standar yang telah ditetapkan, Bupati mengharapkan juga dengan lengkapnya sarana prasarana UPT Puskesmas Lahei II serta kepuasan masyarakat akan kinerja pelayanan, kinerja kedisiplinan pegawai dan sigapnya pelayanan dapat menjadi titik nilai tertinggi untuk menjadi Akreditasi Puskesmas Paripurna. Selain bidang lain, Pemerintah Daerah telah memprioritaskan bidang kesehatan, dimana telah mengusulkan penerimaan CPNS untuk diprioritaskan di kecamatan-kecamatan khususnya penambahan tenaga kesehatan di Kecamatan Lahei UPT Puskesmas Lahei II. "Dengan bertambahnya jumlah pegawai maka pelayanan akan lebih optimal dirasakan oleh masyarakat setempat serta berharap, kedepannya UPT Puskesmas Lahei II bisa menjadi Puskesmas Rujukan di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat yang disyaratkan dalam Undang-undang yang berlaku," jelas H. Nadalsyah.

Acara dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Para Camat, Lurah, Unsur Tripika Kecamatan Lahei, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook